Pulau Bidadari; Antara Sejarah & Keindahan Alam Menakjubkan

5 Kawasan Wisata di Aceh yang Harus Disambangi Ketika Liburan
October 22, 2017
5 Kawasan Wisata Kuliner di Semarang yang Harus Anda Coba
November 8, 2017

Pulau Bidadari; Antara Sejarah & Keindahan Alam Menakjubkan

Indonesia adalah negara yang terdiri dari banyak pulau. Nah, jika Anda berkunjung ke Jakarta, jangan lupa untuk mengunjungi Pulau Bidadari. Pulau ini adalah salah satu bukti nyata tentang keindahan ibukota Jakarta karena lokasinya paling dekat daripada pulau-pulau lainnya di Kepulauan Seribu. Pergilah ke Pulau Bidadari saat Anda merasa bosan dengan ibu kota. Anda akan merasa segar kembali, pikiran lebih jernih dan tentunya liburan Anda akan sangat berkesan.

Pulau Bernilai Sejarah yang Kaya

Pulau Bidadari, memiliki sejarah yang kaya dari masa penjajahan Belanda. Ada cukup banyak peninggalan bersejarah di pulau ini dan salah satunya adalah sebuah benteng. Nama benteng tersebut adalah Benteng Martello yang dibangun sekitar abad XIX. Benteng ini dibangun untuk mengawasi dan melindungi Pulau Onrust pada tahun antara 1800-1810. Perlawanan dan pertempuran di Pulau Onrust kemudian mengakibatkan benteng tersebut mengalami kehancuran walau hingga kini masih terlihat sebagian bentuknya yang menggambarkan betapa kokohnya benteng tersebut.

Selain itu, di pulau ini ada warisan Portugis, yang merupakan benteng yang dibuat pada abad ke-17. Pulau ini, di zaman Belanda, berfungsi sebagai pulau karantina. Dan ada juga andong dan bom meriam zaman Belanda yang tersisa di pulau bidadari, pulau wisata seribu pulau. Bahkan, dulu pulau ini disebut sebagai Pulau Sakit dikarenakan Belanda juga membangun rumah sakit di Pulau Bidadari ini. Tapi, rumah sakit tersebut kini sudah tidak ada. Singkatnya, pulau ini menjadi persinggahan Belanda.

Cerita berlanjut sampai tahun 1970-an, dimana satu-satunya pengunjung yang diperbolehkan di pulau ini adalah anggota Keluarga Kerajaan Jayakarta. Namun seiring dengan waktu, Pulau Bidadari kemudian terbuka bagi wisatawan umum. Apalagi, pulau cantik tersebut berjarak hanya setengah jam dari Jakarta dengan speedboat. Pulau ini memiliki pepohonan dan pantai berpasir putih dan perairan jernih, serta hutan mangrove dan kebun buah. Bidadari Island Resort menawarkan satu-satunya akomodasi di pulau ini.

Yang Menarik dari Pulau Bidadari

Nama Pulau Bidadari bisa berarti malaikat. Mungkin, Anda akan berpendapat bahwa nama tersebut diambil karena ada patung wanita sebelum Anda memasuki lobi. Bisa dibilang begitu. Namun, berdasarkan cerita rakyat, nelayan selalu melihat gadis Belanda di pulau itu. Masuk akal karena Jakarta adalah Batavia pada masa penjajahan. Tentu saja, tidak ada hubungan sama sekali dengan patung wanita tersebut. Mungkin ada alasan lain terkait penamaan pulau tersebut oleh warga sekitar. Di sekitar pulau Bidadari juga ada Pulau Putri (Putri Raja) dan Pulau Khayangan (Surga).

Apa yang menarik disini? Yang membuat pulau ini menarik bagi wisatawan adalah tentu karena sejarahnya, pemandangan alamnya, pemandangan bawah lautnya, peninggalan sejarahnya dan masih banyak lagi. Hal yang paling menakjubkan adalah ketika Anda bisa melihat pinggiran kota Jakarta dari Pulau Bidadari apalagi di malam hari dimana kelap kelip lampu ibu kota seperti taburan bintang belum lagi jajaran bangunan tinggi Jakarta yang juga memberikan pemandangan yang sempurna. Memang, ini adalah pulau yang paling dekat dengan ibu kota. Sehingga Anda bisa menikmati kehidupan alami, tanpa harus berpisah dari pemandangan modern.

Lalu, apa yang bisa kita lakukan di sana? Anda bisa tinggal di pulau ini. Dan kabar baiknya adalah ada atmosfir unik yang sangat berbeda dari kebanyakan pulau di Kepulauan Seribu. Di sinilah Anda bisa memilih pondok dengan berbagai harga. Ada pondok yang dibangun di atas tanah atau di atas air di pinggir pantai. Setiap saat, Anda bisa melihat ke luar dan menikmati ombak di sepanjang pantai.

Setelah itu, silahkan menikmati seluruh pulau dengan mengelilingi. Anda bisa berjalan di sepanjang garis pantai. Di sana, ada hutan bakau dengan banyak pohon. Dipulau ini juga ada cukup banyak tempat romantis dan spot fotografi yang instagramable. Dijamin, menjelajahi pulau ini tidak akan puas selama berhari-hari. Apalagi kalau sudah melihat keindahan bawah lautnya. Semua terlihat sempurna untuk liburan akhir pekan Anda bersama teman, saudara atau pasangan.

Jelajahi dan Tinggal Lebih Dekat di Pulau Bidadari

Pulau Bidadari atau Pulau Bidadari merupakan bagian dari Taman Nasional Kepulauan Seribu, berjarak 15 km dari Marina Ancol, Jakarta Utara dan dapat ditempuh dengan 30 menit dengan naik speed boat. Pulau Bidadari awalnya adalah sebuah pulau kosong dari hutan semak belukar tanpa penduduk namun secara bertahap berkembang menjadi pulau resor yang memadukan konservasi alam, situs sejarah dan rekreasi laut.

Pulau Bidadari memiliki pantai dengan air yang sangat jernih dan pasir putih, hutan alam dan situs bersejarah semasa pendudukan Belanda. Pulau resort ini juga memiliki cottage apung dan cottage bergaya Manado untuk akomodasi, ruang pertemuan, restoran, bar, toko suvenir, Cherokee, diskotik, biliar dan fasilitas olahraga air, pantai voli, tenis meja dan masih banyak lagi kegiatan yang dapat dilakukan selama Anda tinggal di sini. .

Pulau Bidadari adalah tempat yang baik untuk mengunjungi pulau-pulau Kepulauan Seribu lainnya seperti Pulau Kahyangan atau Heaven Island dimana Anda dapat melihat sisa-sisa benteng Belanda dan Pulau Onrust dimana Anda dapat menjelajahi sisa-sisa galangan kapal abad ke-18. Selain itu, Anda sangat disarankan agar menjelajahi keindahan bawah laut Pulau Bidadari dan tentu menikmati indah dan tenangnya pantai di pulau ini. Hamparan berpasir di pantai timur laut pulau ini akan membuat liburan Anda begitu sempurna.

Terumbu karang di sini juga merupakan rumah bagi beragam jenis ikan, sehingga menjadikan Pulau Bidadari sebagai tempat yang ideal untuk menyelam, snorkeling dan memancing. Terumbu karang berada tepat di lepas pantai dan memiliki jalur yang bagus. Tempat ini sangat terkenal dengan jumlah ikan dan bahkan Anda bisa melihat ular laut dan binatang laut menarik lainnya di sini. Ini karena pantai di pulau ini cukup terpelihara dengan baik.

Snorkeling menjadi salah satu aktivitas paling favorit di sini. Ada banyak kapal yang datang dan akan menurunkan orang untuk snorkeling selama beberapa jam. Pulau ini memang cocok untuk para penyelam dan snorkel yang ingin menikmati panorama bawah lautnya. Sehingga, pastikan untuk menjelajahi keindahan bawah lautnya karena sangat rugi jika Anda ke sini tetapi tidak menjelajahi bawah lautnya. Peralatan snorkeling disewakan dengan harga yang terjangkau. Anda bisa mendapatkan foto underwater juga saat berinteraksi dengan ikan-ikan di bawah laut.

Nah, untuk merasa lebih dekat dengan alam di Pulau Bidadari ini, selain dengan menjelajahi keindahan alam dan bawah lautnya, Anda juga bisa bersantai di cottage baik yang apung maupun di atas tanah. Suasana di pulau ini begitu damai dan tenang. Anda akan benar-benar menikmati waktu libur Anda di sini. Malam hari, Anda bisa bersantai di pinggir pantai melihat pemandangan alam, taburan bintang di langit dan kerlap-kerlip lampu ibu kota yang membuat suasana semakin romantis. Ayo jelajahi sekarang!

Comments are closed.