Ikut Tour Bangka Belitung? Jangan Lewatkan 2 Tema Wisata Ini…

Sejak proses syuting film Indonesia “Laskar Pelangi” yang dilakukan di Bangka Belitung, dunia pariwisata di propinsi yang terbentuk sejak Tahun 2000 ini kian berkembang. Nah, apakah anda penasaran bagaimana rasanya Tour Bangka Belitung? Sebelum memilih paketnya, ada baiknya anda melihat lebih dekat objek-objek wisata menarik yang dapat dikunjungi selama berada di Pulau Bangka dan Pulau Belitung. Dengan demikian, anda bisa memilih paket tour Bangka Belitung yang cocok dengan minat anda.

Jika dilihat dari geografi dan kondisi wilayahnya, ada dua hal yang menonjol dan menjadi faktor pembeda pada wisata Bangka Belitung. Yang pertama adalah daerahnya yang merupakan kepulauan. Jadi, bisa ditebak dong kalau pariwisata di dua pulau ini didominasi oleh wisata bahari. Yang kedua, Pulau Bangka dan Pulau Belitung dikenal sebagai area pertambangan. Bekas penambangan di beberapa tempat menghasilkan ‘jejak’ yang justru menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan. Nah, semakin penasaran? Yuk…kita simak lebih lanjut.

6 Wisata Pantai Terindah pada Tour Bangka Belitung

Jika anda sedang merencanakan agenda perjalanan untuk Tour Bangka Belitung, ada beberapa objek wisata pantai yang sangat direkomendasikan, antara lain:

Pantai Parai Tenggiri

Pulau Bangka dikenal dengan bebatuan granitnya yang khas. Jika anda ingin melihatnya, datanglah ke Pantai Parai Tenggiri. Selain batuan granit aneka ukuran dan aneka bentuk, anda bisa menikmati panorama alam yang eksotis, permukaan pantai yang landai, serta ombak yang lembut sehingga cocok untuk berenang.

Pantai ini terletak sekitar 40 KM dari Kota Pangkalpinang, tepatnya di Sungailiat. Waktu terbaik untuk berkunjung adalah saat sunrise alias matahari terbit. Di pagi hari, panorama pantai sangat indah, terutama jika anda menaiki bebatuan granit dan memandang lepas ke Laut Cina Selatan.

Aktivitas lainnya di pantai ini adalah banana boat, snorkeling, dan parasailing. Atau, anda bisa memasang joran di tengah laut yang teduh dengan cara menyewa perahu pancing milik nelayan lokal. Objek wisata ini sudah terbangun. Sejumlah fasilitas penunjang pariwisata, seperti hotel dan resort, penyewaan sarana watersports, dan restoran sudah tersedia.

Pantai Tikus

Masih di daerah Sungailiat, Pulau Bangka, anda juga bisa berkunjung ke Pantai Tikus. Namanya unik ya? Konon, pantai ini diberi nama Pantai Tikus karena banyaknya ‘jalan tikus’ yang digunakan para penambang gelap untuk mengangkut timah keluar.

Selain hamparan bebatuan granit yang berukuran besar serta air laut yang jernih kebiruan, daya tarik Pantai Tikus adalah sebuah vihara yang berdiri di atas bukit di dekat pantai. Itu pula sebabnya pantai ini terkadang disebut Pantai Vihara. Vihara Puri Agung ini justru menawarkan view laut yang keindahannya tidak bisa disangkal, terutama pada saat senja (sunset).

Pantai Penyusuk

Di wilayah Bangka Utara, jangan lewatkan keindahan Pantai Penyusuk yang menawarkan pemandangan tumpukan batuan granit, pepohonan hijau di pesisir pantai, serta empat pulau indah yang berjejer. Cukup dengan menyewa perahu seharga 150-250 ribu, anda bisa melakukan island hopping ke pulau-pulau kecil yang berjejer tidak jauh dari pantai.

Di antara jejeran pulau ini, Pulau Lampu adalah tempat paling favorit. Sebuah mercusuar di pulau ini menjadi daya tariknya, ditambah  ombak yang tenang, sehingga aman untuk berenang. Di sini, sudah ada fasilitas ruang bilas dan ganti setelah anda puas berenang.

Pantai Pasir Padi

Pantai ini termasuk paling favorit pada wisata Bangka Belitung, karena lokasinya paling dekat dengan Bandara Udara Pangkalpinang dan hanya berjarak sekitar 7 KM dari ibukota Provinsi Bangka Belitung tersebut. Begitu menginjakkan kaki di pasir pantai, anda akan tahu kenapa pantai ini disebut Pantai Pasir Padi. Ya,,,, butiran pasirnya menyerupai bulir-bulir padi. Daerah sekitar pantai sudah dilengkapi berbagai fasilitas, mulai dari hotel berbintang, restoran, fasilitas mandi dan ruang ganti, area parkir, dan sebagainya.

Pantai Tanjung Tinggi

Ini adalah pantai paling terkenal di Pulau Belitung, apalagi setelah dijadikan lokasi syuting film Laskar Pelangi. Lokasinya sekitar 30 KM dari Tanjungpandan. Layaknya pantai lain di propinsi ini, Pantai Tanjung Tinggi menawarkan pemandangan pasir putih dan bebatuan granit.

Aktivitas wisata paling terkenal adalah berjemur, snorkeling, naik perahu kano, jet ski, hingga memancing. Sarana wisata seperti hotel dan rumah makan membuat objek wisata ini digemari pengunjung.

Pantai Tanjung Kelayang

Saat berkunjung ke Pantai Tanjung Tinggi, anda juga bisa mampir di Pantai Tanjung Kelayang. Destinasi ini terkenal bukan hanya di kalangan traveler domestik, namun juga traveler internasional. Ya, sebuah event internasional, yakni Sail Indonesia diselenggarakan secara berkala di pantai ini.

Pada event Sail Indonesia, ratusan perahu yacht dari sejumlah negara akan mendarat di pantai. Terakhir, event tersebut dinamai Sail Wakatobi-Belitong. Hamparan pasir putih dan formasi batuan granit yang membentuk kepala burung adalah daya tarik lain di Pantai Tanjung Kelayang.

4 Jejak Pertambangan Timah sebagai Objek Tour Bangka Belitung

Seperti dibahas di awal, jejak aktivitas pertambangan timah di propinsi ini telah menyisakan sejumlah tempat yang justru menarik untuk dikunjungi. Nah, saat memilih Paket Tour Bangka Belitung, pastikan anda mengunjungi satu atau lebih dari beberapa objek wisata Bangka Belitung berikut:

Danau Kaolin Aek Biru

Danau ini adalah salah satu jejak pertambangan timah yang paling Instagrammable di Bangka Belitung. Danau ini terbentuk dari penggalian tambang timah. Cobalah berkunjung di sore hari, anda akan melihat langit biru yang terefleksi melalui air danau, serta pemandangan sunset yang memukau.

Bukit dan Gurun Pelawan

Objek wisata ini terletak di PulauBangka. Meski masih tergolong baru, bukit dan gurun Pelawan menarik wisatawan akhir-akhir ini, karena menawarkan pemandangan laksana Gurun Atacama di Chile.

Red Hill Danau Ampar

Red Hill alias Bukit Merah di Danau Ampar ini laksana miniaturnya Grand Canyon. Sekali lagi, bukit kemerahan ini adalah jejak dari aktivitas penambangan timah. Bukit merah ini adalah tebing yang mengelilingi Danau Ampar. Lokasinya cukup dekat dengan Kota Pangkal Pinang, yakni sekitar 40 menit perjalanan saja.

Museum Timah Muntok

Lengkapi pengetahuan anda tentang aktivitas pertambangan di Bangka Belitung dengan berkunjung ke Museum Timah Muntok, di Pulau Bangka. Ini adalah museum timah terbesar di Asia. Di sini, anda bisa mempelajari proses peleburan timah dan logam. Sebenarnya, masih ada satu lagi museum timah di Kota Pangkal Pinang, yang khusus membahas proses penambangan.

Tentunya, masih banyak objek wisata Bangka Belitung lainnya yang bisa anda agendakan pada Tour Bangka Belitung. Selain 6 pantai yang dibahas di atas, masih ada sederet pantai ini yang bisa anda singgahi.

Kami akan membantu mengatur perjalanan anda pada dua pulau ini, sehingga anda bisa melihat lebih banyak objek wisata menarik dalam satu kunjungan. Selain itu, kami akan membantu memilih akomodasi terbaik yang paling dekat dengan objek wisata. Pelajari paketnya, dan hubungi customer service kami untuk informasi lebih lanjut ya….