5 Kawasan Wisata Kuliner di Semarang yang Harus Anda Coba

Pulau Bidadari; Antara Sejarah & Keindahan Alam Menakjubkan
October 28, 2017
5 Objek Wisata di Lombok yang Harus Dikunjungi Saat Liburan
November 16, 2017

5 Kawasan Wisata Kuliner di Semarang yang Harus Anda Coba

Semarang selain alamnya yg sejok dan indah makanya juga bisa menjadi pemikat tapi jika anda sedang jalan – jalan ke kota semarang tidak ada salahnnya jika anda mencoba beberapa kliner yg sanagat digemarin disemarang dan berikut ini ada 5 kawasaan wisata Kuliner yg bisa di coba ”

1. Lumpia Semarang

Nah, inilah makanan Semarang yang ngetop itu. Walaupun makanan ini merupakan kuliner khas peranakan China ini sudah melekat kuat jadi makanan khas Semarang.

Terdapat sangat banyak tempat wisata kuliner Semarang yang satu ini, tapi katanya sih, ada 4 saja yang sangat top yakni di Gang Lombok, Jl. Pemuda, Jl. Mataram, Jagalan dan jl. Pandanaran Semarang. Warungnya berada di dekat Klenteng Tay Kak Sie, sekitaran Pasar Johar Semarang dan tidak membuka cabang.

Lumpia disini ada yang basah ada pula yang goreng, bergantung selera kamu yang mana, bisa pilih sendiri. Perpaduan rebung muda, udang serta telor terasa pas serta tidak berbau, lezat dinikmati bersama dengan saus serta daun bawang segar. Sebuah lumpia dipatok Rp 10 rb. Termasuk mahal namun juara soal rasa. Warung lumpia ini dibuka dari pukul 8 pagi hingga jam 4 sore. Namun di musim liburan atau akhir pekan, tidak jarang warung tutup kurang lebih jam 13.00 Hingga 14.00 WIB karena banyakanya peminat.

2. Tahu Gimbal

Tahu ini sudah begitu terkenal serta disenangi oleh wisatawan yang pergi berlibur ke Semarang.

Untuk mencicipinya, kamu dapat datang ke daerah Taman KB, depan SMA 1 Semarang, Jalan Menteri Supeno. Makan tahu gimbal di sini dapat sekaligus ‘ngadem’ di taman. Pilihan lain yaitu di sekitaran Masjid Baiturrahman, Simpang Lima Semarang. Tapi suguhan Tahu Gimbal yang ngetop berada di Plampitan. Dibuka siang hari serta tutup jam 21.00 WIB. Cuma saja, warung ini dapat tutup cepat bila telah habis. Harga rata-rata tahu gimbal yang ditawarkan Rp 8 rb sampai Rp 10 rb.

Racikan tahu gimbal terdiri dari potongan-potongan tahu goreng, lontong, tauge, telur ceplok, rajangan kubis mentah serta gimbal. Gimbal sendiri berwujud bakwan udang. Umumnya si pedagang tidak mengiris lontong, tahu, serta gimbal dengan pisau, tetapi mengguntingnya dengan gunting besi bergagang hitam. Serta, perpaduan bahan itu disiram saus kacang petis udang. Nyam! Jln. Taman Menteri Supeno Nomor.1

3. Tahu Pong

Selain tahu gimbal, kamu pun dapat merasakan tahu pong, yang adalah salah satu kuliner lezat di Semarang.

Bila kamu berminat untuk mencicipinya, kamu dapat mencoba di Jl. Gajah Mada, berseberangan dengan Gereja Bethel. Tempat ini gampang didatangi dari Simpang Lima, jaraknya dua kali perempatan lampu merah. Disini, tahu pong sangat terkenal serta senantiasa dipenuhi oleh pembeli.

Harga seporsi berisi 6 tahu pong yaitu Rp 6 ribu saja. Namun bila ingin versi komplit tahu pong, gimbal udang serta telor, persiapkan Rp 12 rb untuk seporsinya.

4. Pisang Plenet

Teknik produksi pisang planet sendiri tidak memakai penggorengan, namun dibakar di atas bara api sampai layu serta terlihat kecoklatan, kemudian diplenet memakai papan kecil semacam talenan. Lalu pisang dioles margarin. Terdapat 3 pilihan rasa, yakni meises, selai nanas serta gula putih. Berikutnya, satu pisang plenet yang lainnya ditangkupkan, semacam sandwich.

Untuk pisang plenet, dipakai pisang kepok raja yang sungguh-sungguh manis serta warnanya kuning. Pisang jenis ini banyak diperoleh di pasar-pasar di Semarang, tidak sama dengan kepok putih yang rasanya sepat serta biasa digunakan makanan burung. Bila penasaran, berburulah pada sore hari saat gerobak-gerobak pedagang pisang plenet mulai datang. Satu porsi pisang plenet di jual seharga Rp 6 ribu. Jln. Pemuda, Semarang

5. Bandeng Presto

Bila kamu berada di Semarang, jangan sampai kelewatan Bandeng Presto yang satu ini. Bandeng Presto adalah oleh-oleh khas Semarang yang ngetop. Bandeng presto itupun banyak dijajakan di Sepanjang Jln Pandanaran, bila yang ngetop sih katanya Bandeng Juwana.

Ikan yang satu ini boleh tahan sampai berminggu-minggu sebab dikemas didalam wadah kedap udara. Bandeng presto adalah bandeng yang diolah didalam panci bertekanan tinggi (presto). Pada umumnya, bandeng presto digoreng begitu saja ataupun berbalut telur. Ada sambal tersendiri sebagai tambahan. Enak dijadikan cocolan bandeng untuk dinikmati bersama nasi putih yang pulen panas.

Sekarang bandeng presto yang dijual semakin beraneka ragam. Ada bandeng presto kremes, otak-otak bandeng sampai bandeng yang ‘diselimuti’ telur. Untuk pilihan buah tangan, bandeng presto original merupakan pilihan terbaik.

Comments are closed.