pulau harapan kepulauan seribu

Kepulauan Seribu benar-benar tempat yang seperti surga. Banyak pulau yang membentang dengan indahnya pantai berpasir putih, air yang berwarna hijau toska hingga pemandangan bawah laut yang seperti surga atau dunia animasi film Nemo karena terumbu karang sangat indah. ya Bila berbicara tentang keindahan alam kawasan Kepulauan Seribu memang seakan tak ada habisnya, termasuk spot-spot snorkelingnya yang menakjubkan, salah satunya adalah Pulau Harapan. Selain Pulau Tidung, Pramuka, atau Pari, pulau wisata yang juga dihuni ini dapat menjadi alternatif tujuan wisata pantai bagi Anda dan rekan-rekan atau keluarga. Dengan jarak sekitar 60 km dari Jakarta, pulau ini tentu menawarkan kecantikan alam yang masih begitu alami dan cocok bagi pengunjung yang ingin melarikan diri sejenak dari kesibukan ibukota.Salah satunya juga  bisa Anda rasakan di wisata Pulau Harapan. Anda tidak akan pernah menyesal berkunjung ke pulau ini. Bahkan, tidak mengherankan jika nantinya Anda ingin datang lagi dan lagi.

Pulau Harapan kepualauan seribu jakarta

Kepulauan Seribu adalah salah satu tempat tujuan wisata yang terkenal di Indonesia. Bagi anda yang tinggal di daerah Jakarta dan kota sekitarnya, anda pasti sudah tidak asing lagi dengan tempat wisata tersebut. Sebuah Kecamatan di wilayah Jakarta tersebut merupakan daerah yang terdiri dari gugusan ratusan pulau-pulau kecil yang indah dan cantik. Kemudian beberapa pulau yang ada di gugusan tersebut juga terkenal indah dan menarik untuk dikunjungi. Kepulauan Seribu sendiri juga merupakan tempat yang menyimpan banyak sejarah dari masa silam yang tidak akan pernah bisa dilupakan, khususnya oleh masyarakat setempat. Tak terkecuali juga dengan setiap pulau-pulau kecil yang ada di sana. Salah satu pulau di kepulauan Seribu yang memiliki sejarah unik adalah Pulau Harapan.

Sekilas tentang Pulau Harapan

Pulau ini terdiri dari 3 RW dan  menjadi pusat pemerintahan yang membawahi 30 pulau. Sebagian besar masyarakat pulau wisata Harpan bukanlah penduduk asli beretnis Betawi melainkan suku Jawa, Banten, Mandar, serta Bugis. Mayoritas penduduknya beragama Islam dan bermata pencaharian nelayan. Namun kini  profesi penduduk setempat mulai bervariasi seiring dengan perkembangan pariwisata di pulau.

Karena pengelolaan sector pariwisata yang berbasis penduduk, banyak fasilitas liburan yang disediakan oleh masyarakat secara mandiri seperti penginapan berkonsep homestay, persewaan peralatan dan perahu untuk snorkeling, rumah makan, agen wisata, dan sebagainya. Semakin diminatinya pulau ini sebagai destinasi wisata perekonomian penduduk pun turut meningkat dari sector pariwisata tersebut.

Sejarah singkat Pulau Harapan

Pulau ini dahulu disebut Pulau Pelemparan karena menjadi tujuan relokasi dan transmigrasi.  Kepemilikan tanah di kawasan ini merupakan tanah adat serta milik Pemerintah Daerah. Untuk status kawasan pulau telah menjadi bagian dalam Kawasan Taman Nasional Kepulauan Seribu (TNKS). Fasilitas transportasi pulau ini didukung oleh keberadaan jalan paving block dan beton yang dibangun dengan reklamasi yang menghubungkan antara Pulau Kelapa dan Harapan. Pengunjung juga dapat mengelilingi pulau ini dengan berjalan kaki atau bersepeda pada fasilitas jalan paving selebar 1 meter yang dibangun mengelilingi kawasan pulau. Dengan berjalan selama 10 hingga 20 menit saja Anda sudah bisa melihat keseluruhan pulau ini.

 

Informasi Tentang Pulau Harapan

Pulau Harapan merupakan bagian dari wilayah Kelurahan Pulau Harapan, Kecamatan Kepulauan Seribu, Daerah Khusus Ibukota Jakarta. Pulau yang dulunya dijuluki dengan nama Pulau Pelemparan ini merupakan pusat dari pemerintahan Kelurahan Pulau Harapan yang membawahi 30 gugusan pulau lain. Kawasan pulau ini juga masuk ke dalam Kawasan Taman nasional Laut Kepulauan Seribu, dan status kepemilikan tanah pulau adalah milik Pemerintah daerah dan tanah adat.

Pulau Harapan adalah pulau berpenduduk yang yang memiliki luas kurang lebih sekitar 6,7 hektar dan dipadati oleh pemukiman penduduk pulau. Jumlah penduduk yang tinggal di Pulau Harapan berjumlah sekitar 2.205 jiwa atau 427 KK. Di sekitar pulau ini, terdapat banyak pulau-pulau kecil lainnya yang tak berpenghuni tetapi bisa untuk dikunjungi. Sedangkan salah satu pulau kecil berpenghuni yang ada di dekat Pulau Harapan yaitu Pulau Kelapa.

Di pulau Harapan, mayoritas penduduknya adalah para pendatang yang berasal dari Pulau Kelapa dan juga dari pulau-pulau lain yang ada di Kepulauan Seribu. Mereka berasal dari berbagai suku yang berbeda seperti dari suku Bugis, suku Jawa, suku Mandar, dan juga suku betawi. Agama yang dianut oleh para penduduk di Pulau Harapan adalah agama Islam dan matapencarian mayoritas penduduknya adalah sebagai nelayan tangkap dan budidaya. Sedangkan sebagian kecil lainnya ada yang menjadi pengusaha tempat makan, atau tempat penginapan yang sudah banyak tersedia di Pulau Harapan. Di pulau ini juga terdapat beberapa organisasi yang diikuti oleh warganya, seperti Karang taruna, PKK, dan juga Kube (Kelompok Usaha Bersama).

Selain itu di pulau ini juga telah banyak dibangun fasilitas-fasilitas dan sarana untuk mendukung kegiatan penduduk Pulau Harapan. Contohnya untuk kegiatan kepemerintahan, sudah dibangun kantor Lurah dan rumah dinas. Kemudian telah dibangun juga Puskesmas, masjid, sekolah dasar, dermaga, jalan yang terbuat dari paing block, kantor polisi, dan juga sumber air bersih yang berasal dari sumur dengan menggunakan Reverse Osmosis (RO) agar airnya tidak terasa payau. Selain itu sumber air warga juga biasa diperoleh dari air hujan yang kemudian ditampung dalam tower-tower air yang ada di rumah masing-masing warga.

Jika melihat sumber daya hayati pesisir yang dimiliki Pulau Harapan, sumber daya hayati tersebut adalah terumbu karangnya. Selain itu juga terdapat banyak tumbuhan Mangrove yang kebanyakan sengaja ditanam di sekitar pulau oleh penduduk setempat. Pasir pantainya sendiri bisa dibilang berwaran putih kecoklatan dengan warna air laut yang indah karena terdiri dari beberapa gradasi warna yang berbeda. Kemudian disekitar Pulau Harapan juga terdapat banyak pulau-pulau kecil seperti Pulau Gosong dan beberapa pulau lain tak berpenghuni yang memiliki pantai berpasir putih dan lautan yang sangat indah. Keindahan dan keunikan itulah yang kemudian menjadikan Pulau Harapan ini menjadi salah satu pulau di Kepulauan Seribu yang memiliki potensi bagus di bidang pariwisata.

Selain itu karen aletaknya yang dekat dan untuk lebih memudahkan akses jalan darat dari Pulau Harapan ke Pulau Kelapa atau sebaliknya, telah tersedia jalan beton dan paving blok hasil reklamasi yang dibangun oleh pemerintah setempat. Penduduk sekitar biasa menyebut fasilitas penghubung tersebut dengan empang. Dengan adanya fasilitas tersebut, para penduduk Pulau Harapan/ Pulau Kelapa tidak perlu lagi repot-repot memakai jalur laut. Sering juga banyak wisatawan yang mengunjungi Pulau Kelapa setelah dari Pulau Harapan atau sebaliknya menggunakan akses jalan tersebut dengan berjalan kaki.

Tips Seru Dan Aman Wisata Pulau Harapan

Pastinya, Anda ingin memiliki hari dimana Anda bisa menyatu dengan alam. Pulau Harapan sangat tepat untuk melupakan sejenak kesibukan Anda sehari-hari. Jika Anda ingin perjalanan wisata Anda seru dan aman, cobalah beberapa tips berikut ini.

Berangkat dengan budget lebih atau minim

Jika Anda memiliki budget yang lebih, bisa memulai perjalanan dari pelabuhan Marina Ancol. Ada speedboat yang akan mengantarkan Anda dengan sangat layak, aman, nyaman dan pastinya lebih cepat. Namun, dalam kasus Anda sedang mencari perjalanan dengan anggaran rendah, Anda harus berangkat dari Muara Angke. Tapi, pelabuhan khusus ini tidak cocok bagi wisatawan yang suka rewel atau mengeluh karena pelabuhan ini adalah pasar ikan segar, sehingga sangat kotor, bau, dan tidak nyaman.

Beli tiket ke agen wisata lokal

Cukup banyak agen wisata Pulau Harapan yang bisa Anda ajak kerjasama. Agen wisata adalah hal penting agar Anda dapat mendapatkan informasi lengkap dari mulai menemukan perahu yang tepat hingga jadwal perjalanan yang sesuai dengan jadwal Anda di Pulau Harapan. Apalagi, kebanyakan perahu di pelabuhan tidak mengantarkan ke Pulau Harapan melainkan ke pulau lain yang lebih terkenal seperti Pulau Pramuka, Pulau Bidadari, Pulau Pari dan lain sebagainya.

Jangan lupakan SPF

Jangan lupa untuk memakai SPF. Anda akan sampai di Pulau Harapan siang hari. Jika Anda memiliki waktu yang terbatas sehingga memiliki waktu untuk berenang di siang hari. Begitu juga ketika Anda ingin berjemur atau sekedar bermain di pinggir pantai. Cuaca yang untuk berlibur atau wisata Pulau Harapan memang saat musim kemarau tapi sengatan matahari cukup panas. Oleh sebab itu, jangan lupa untuk membawa dan memakai SPF.

Sewa perahu

Menyewa perahu tradisional yang terbuat dari kayu benar-benar membantu Anda untuk menjelajahi pulau, mengantarkan Anda ke area atau spot snorkeling dan diving hingga berkeliling mengitari pulau atau bahkan memburu sunset ketika sore hari. Biaya untuk menyewanya juga murah apalagi jika Anda bersama rombongan. Perahu tradisional ini bahkan muat hingga 10 sampai 15 orang. Tentu dengan berat badan ideal.

Nikmati snorkeling dan diving sepuasnya

Bisa dikatakan jika wisata Pulau Harapan yang paling utama adalah snorkeling dan diving karena pemandangan alam bawah laut yang sangat sempurna dan seperti surga. Ikan kecil berwarna warni terlihat riang gembira tinggal dan bermain di gugusan terumbu karang yang beraneka ragam bentuk dan warnanya. Anda bahkan bisa melakukan foto bawah air ketika sedang snorkeling atau diving.

Jelajahi pulau sekitar

Jangan sampai lupa untuk menjelajahi pulau terdekat dari Pulau Harapan. Wisata Pulau Harapan tidak akan lengkap jika Anda tidak menjelajahi Pulau Sepa dan Pulau Bira termasuk Pulau Pelangi ada juga pulau resort yang sangat pas untuk liburan. Anda bisa mengitari pulau-pulai itu dengan menggunakan perahu tradisional. Jika memungkinkan, cobalah untuk turun dan menginjakkan kaki di pulau tersebut.

Berburu sunset dan sunrise

Tidak lengkap jika berlibur ke pantai tapi tidak memburu sunset dan sunrise. Berburu sunset dan sunrise bisa dilakukan dengan menggunakan perahu tradisional. Anda bisa berburu sunset usai kegiatan snorkeling dan diving atau bersepeda di sore hari. Sedangkan untuk berburu sunrise, tentu Anda harus bangun di pagi hari sekitar sehabis waktu shubuh karena jam 6 saja matahari sudah mulai terlihat.

Wisata Pulau Harapan memberi Anda kesempatan untuk melakukan banyak hal baik pagi, siang, sore atau malam hari. Bahkan, malam hari adalah waktu yang sangat tepat untuk acara BBQ bersama teman atau keluarga. Liburan di Pulau Harapan memang tidak akan pernah terlupakan.

Aktivitas wisata di Pulau Harapan

Pulau wisata ini terletak di dekat beberapa pulau kecil lainnya seperti Pulau Putri, Pulau Bira, Pulau Bulat, Pulau Perak, Pulau Macan, Pulau Genteng, dan Pulau Kayu Angin. Jasa tour and travel yang menyediakan paket liburan ke pulau wisata ini selalu menyelipkan jadwal tour yang seru yaitu island hoping dengan perahu alias berkeliling pulau yang sebagian besar tak berpenghuni ini. Bahkan ada penyedia jasa yang mengadakan tambahan tour menyaksikan komodo.

Selain itu pulau wisata Harapan juga menyuguhkan spot snorkeling yang indah dan sayang bila dilewatkan. Anda bisa merasakan sensasi berenang bersama ikan-ikan kecil beraneka warna, menyaksikan dari dekat terumbu karang berwarna-warni, dan difoto dengan kamera bawah air untuk diunggah ke akun social media Anda. Coba lihat berapa banyak likes yang bisa Anda peroleh.

Setelah lelah bermain air atau snorkeling seharian, sekarang saatnya berwisata kuliner di Pulau Harapan dengan hidangan khas yang umumnya terbuat dari hasil laut segar seperti ikan, cumi, kerang, dan sebagainya. Penduduk di Kepulauan Seribu juga menyimpan kearifan lokal berupa kuliner tradisional dengan resep warisan leluhur seperti otak-otak, laksa, serta kue-kue tradisional yang umumnya bercitarasa manis terbuat dari tepung beras, kelapa, dan gula merah yang banyak. Di malam hari menjelang kepulangan Anda ke ibukota, jasa tour and travel juga kerap menggelar acara pesta barbeque di tepi pantai ditemani suara deburan ombak dan taburan bintang di langit. Sebelum pulang jangan lupa berbelanja oleh-oleh di kedai-kedai sekitar dermaga.

Selamat liburan ke Pulau Harapan.

Paket Pulau Harapan kepulauan Seribu Jakarta 2018

Peserta

Paket wisata Pulau Harapan

2 Hari 1 Malam 3 Hari 2 Malam
Fery Speedboat Fery Speedboat
2 Rp 900.000 Rp 1.300.000 Rp 1.200.000 Rp 1.600.000
3 Rp 700.000  Rp 1.100.000 Rp 1.000.000 Rp 1.400.000
4 Rp 600.000  Rp 900.000 Rp 900.000 Rp 1.300.000
5 Rp 550.000  Rp 950.000 Rp 850.000 Rp 1.250.000
6 Rp 480.000 Rp 880.000 Rp 780.000 Rp 1.180.000
7 Rp 450.000 Rp 850.000 Rp 750.000 Rp 1.150.00
8 Rp400.000 Rp 800.000 Rp 700.000 Rp 1.100.000
9 Rp 380.000 Rp 780.000 Rp 680.000 Rp 1.080.000
10-14 Rp 340.000 Rp 740.000 Rp 640.000 Rp 1.040.000
15 + Rp 330.000  Rp 730.000 Rp 630.000 Rp 1.030.000

Fasilitas :

  1. Tiket kapal Pulang dan Pergi Baik dari Angke atau Dari ancol sesuai dengan item paket yg di pesan
  2. Home Stay dengan Fasilitas Ac, Tv dan Dispenser
  3. Makan 
    • 3 kali untuk Paket 2 Hari 1 malam via kapal Fery)
    • (4 kali paket 2 hari 1 malam Via kapal speedboat)
    • (6 kali paket 3 hari 2 malam untuk via kapal fery)
    • ( 7 Kali Untuk paket 3 hari 2 malam Via kapal speedboat )
  4. Bonus BBQ di akhir Malam
  5. Alat Snrokling lengap 1 peserta 1 set alat
  6. Kapal boat tradisional untuk snorkling
  7. Foto dokumentasi Under water
  8. Biaya masuk Pulau sekitar
  9. jalan – jalan ke beberapa Pulau sekitar seperti pulau bulat, pulau matahari, pulau perak, pulau gosong, jika masih ada waktu ke pulau bira
  10. jalan – jalan wisata ke Pulau kelapa dua mengujungi penangkaran penyu dan elang
  11. jalan – jalan ke pulau kelapa jika ingin
  12. Guide Lokal

Keterangan :

  • Harga paket yg tercantum adalah harga perorang
  • Cek in & cek Out penginapan jam 10.00 wib
  • Penginapan, kapal boat kliling pulau yg digunakan Privat Tidak Digabung dgn klompok yg lain
  • menu makan khas ala pulau harapan, yg di antar kepenginapan di setiap jam makan
  • untuk peserta di sarankan Membawa Memori memori micro sd untuk Transfer File dokumentasi walau Pun kami sudah berikan File Dokumen ke CD ( hawatir Tidak terbaca )
  • Kapal penyebrangan ke pulau harapan ada 2 pilihan
    • Dari Marina ancol mengunakan Kapal Speedboat waktu tempuh 1 jam 40 Menit ( jadwal pemberangkatan kapal jam 08.00 wib ) ( jadwal Kepulangan dari Pulau Harpan Ke Jakarta 14:00 wib )
    • Dari Kali adem ( Muara angke ) 2 Jam 30 Menit s/d 3 jam 50 tergantung jenis kapal ferynya masing2 beda laju walau bahan jenis kapal sama percis ( jadwal kapal Jam 07.00 jadwal Kepulangan jam 07.00 jadwal kepulangan Khusus hari Minggu bisa jam 12.00 wib dan long weekend
  • Pemesanan Paket wisata 2 Minggu sebelum hari H .. Jika Kurang dari 2 Minggu coba Hub cotomer service dan memberikan Down Payement 20% sebagai tanda kesepakatan bisa hub kostomer service atau kekantor pulau seribu Traveling sisa Pembayaran untuk alur via kapal fery di P, Harapan dan laur Via Kapal Speedboat di dermaga Marina
  • Tanggal tour ( Bebas ) disesuaian keinginan peserta
  • Free tiket Masuk ancol Jika boking lebih paling labat 18 hari sebelum hari H
  • Jika cuaca Buruk down payment akan Kita Pulangkan atau di tentukan waktu tour berikutnya
  • Jika cuca Buruk pada saat pulang masih kami sediakan penginapan dan fasilitas lainya Free
  • silahkan Hub Costomer service Pulau seribu Traveling Untuk Informasi lebih detaile Tentang Pulau Harapan