Pulau Pramuka Kepulaun seribu

Pulau Pramuka adalah salah satu pulau indah di antara banyaknya pulau-pulau di Kepulauan Seribu, Jakarta. Pulau ini memiliki fasilitas lengkap dimulai dari sekolah hingga area konservasi penyu sisik yang saat ini sudah hampir punah di dunia. Tentu, wisata Pulau Pramuka bukan hanya tentang melihat atau bahkan melepaskan penyu sisik ini ke laut melainkan masih banyak yang lainnya yang akan membuat hari libur Anda lebih berkesan, lebih bermakna dan tak pernah terlupakan.

 

Menjelajah 4 Pulau Wisata Pulau Pramuka

Yang terbaik dari Pulau Pramukan adalah panorama laut yang pastinya sangat cocok untuk orang-orang yang mencintai dunia laut, karena formasi terumbu karang dan ikan-ikan cantik di sini benar-benar mempesona. Lebih dari itu, Anda dapat melihat surge yang sebenarnya secara langsung di bawah laut serta menikmati pemandangan terumbu karang buatan namun sudah tumbuh alami yang pastinya jauh lebih indah.

Saat melakukan perjalanan wisata Pulau Pramuka jangan lupa untuk menjelajah 4 pulau lainnya di dekat Pulau Pramuka. Anda bisa mengunjungi Pulau Air, Pulau Semak Daun, Pulau Karya dan Pulau Terapung. Pastinya, Anda bisa langsung menjelajah empat pulau ini ketika sudah cukup berisitrahat di Penginapan atau telah berkeliling Pulau Pramuka terlebih dahulu atau sesuai dengan rencana perjalanan Anda. Yang jelas, empat pulau ini wajib dijelajahi.

Aktivitas pertama yang bisa Anda lakukan di Pulau Air cukup banyak sebenarnya terutama pemandangannya. Jika Anda suka dengan dunia fotografi, pulau ini menyajikan pemandangan yang sangat luar biasa. Ambil angle yang tepat dan hasilnya akan sangat memukau. Wisata Pulau Pramuka memang menarkan keindahan alam juga namun, Pulau Air jangan sampai Anda lewatkan begitu saja. Pemandangan eksotis dan masih alami di pulau ini sangat layak diabadikan.

Kedua adalah Pulau Semak Daun Tropical. Seperti halnya pulau pertama, pulau yang satu ini juga memiliki keindahan alam yang menakjubkan seperti pantai pasir dan juga banyak tempat konservasi mangrove. Anda juga dapat menikmati snorkling di sini termasuk latihan snorkeling bagi pemula. Ketiga adalah Pulau Karya. Pulau ini adalah pusat dari pemerintahan dan administrasi di Kepulauan Seribu, ada lapangan sepakbola ditambah beberapa gedung pemerintah. Memang tidak terlalu unik, tapi Anda masih bisa merasakan suasana damai ditambah berbagai fasilitas lengkap.

Wisata Pulau Pramuka dengan menjelajahi pulau selanjutnya adalah yang paling unik yakni Pulau Terapung. Sebenarnya pulau ini bukanlah sebuah pulau seperti yang lainnya. Pulau ini hanyalah gugusan terumbu karang yang baru-baru ini telah dikembangkan sebagai pelestarian untuk beberapa spesies laut. Ada juga tempat makan yang terbuat dari kayu dan bambu di sini yang dibangun di atas air. Itulah alasan mengapa mereka dikenal sebagai “Pulau Terapung”.

 

Diving Dan Snorkeling Bagian Wisata Pulau Pramuka Paling Menakjubkan

Snorkeling dan diving bisa dilakukan di mana saja sebenarnya termasuk ketika Anda menjelajahi beberapa pulau yang telah disebutkan di atas. Namun, ada beberapa spot yang bisa dikatakan paling menarik di Pulau Pramuka seperti di terumbu karang buatan yang sudah terlihat alami, di dekat Pulau Terapung, Pulau Semak Daun dan lainnya. Sebaiknya, Anda menyewa perahu untuk satu hari dan tanyakan kepada pemilik perahu untuk mengantarkan ke spot snorkeling atau diving terbaik.

Jika tidak, Anda bisa bersama agen wisata Pulau Pramuka untuk kemudian pihak agen memberikan informasi spot snorkeling terbaik. Namun, Anda perlu tahu jika secara umum Pulau Pramuka memiliki pantai yang jernih dengan terumbu karang yang indah sehingga di Pulau Pramuka bagian manapun, Anda akan mendapati spot snorkeling yang sangat menakjubkan begitu juga spot diving jika Anda berani untuk menyelam lebih dalam. Semua peralatan sudah disiapkan dengan harga sewa yang murah.

Jadi, ketika Anda sudah merencanakan untuk melakukan perjalanan wisata ke Pulau Pramuka, jangan lupa untuk melakukan kegiatan di atas. Tentunya, wisata Pulau Pramuka juga menawarkan kegiatan lain dimulai dari bersepeda keliling pantai, acara BBQ malam hari, hunting sunrise dan sunset hingga menikmati kuliner atau masakan lokal yang biasanya didominasi oleh makanan laut seperti ikan dan cumi.