Pulau Macan kepulauan seribu

Apakah untuk liburan di akhir tahun ini Anda ingin melewatkannya di tempat yang unik dan berbeda dari lokasi-lokasi wisata lain yang sebelumnya sudah pernah Anda datangi? Bila memang demikian maka destinasi wisata pulau macan adalah tempat yang paling cocok. Mengapa demikian? Ini karena pulau Macan memang mempunyai konsep sebuah eco resort dengan menerapkan eco village dimana seluruh aktifitasnya dan aspek kehidupan penghuninya berusaha dekat dengan alam serta nature friendly.

 

Sekilas tentang wisata pulau macan

Pulau ini dikelola oleh seorang warga negara asing yang besar di tanah air dan sejak awal sudah jatuh cinta dengan pulau ini. Inilah sebabnya ia menggagas tempat wisata ini menjadi sebuah eco resort atau lebih lengkapnya adalah Tiger Island Village dan Eco Resort. Kelistrikan yang digunakan di tempat ini diperoleh dari sumber energi tenaga matahari, turbin angin, serta sistem distribusi dan penyimpanan energi.

 

Tak hanya itu, limbah sampah pulau juga dikelola dan sebagian dipakai sebagai pupuk untuk menyuburkan tumbuhan pada kebun-kebun di sekitar pulau. Produk olahan serta bangunan pun mempunyai konsep nature friendly yang sangat mengutamakan kelestarian dan keseimbangan lingkungan. Nah, luar biasa, bukan? Tak hanya bersantai, di sini Anda sekaligus bisa belajar konsep hidup yang selaras dan harmonis dengan alam sekitar.

 

Aktifitas wisata pulau macan

Sebagai referensi bagi Anda yang berminat untuk menghabiskan liburan pada destinasi wisata pulau macan ini, berikut ini adalah beberapa aktifitas liburan yang dapat Anda lakukan.

  1. Bersantai – Inilah lokasi yang cocok bagi Anda yang ingin melakukan relaksasi dan bersantai karena pulau ini adalah resor milik pribadi yang eksklusif. Untuk ukuran pulau yang kurang dari 1 hektar, pengelola membatasi pengunjung yaitu maksimal 40 orang saja per harinya. Dengan demikian Anda akan merasa tengah berlibur di pulau pribadi.
  2. Snorkeling – Berbeda dengan spot-spot diving atau snorkeling di gugusan pulau yang lain, di sini Anda bisa menikmati panorama bawah laut yang sungguh cantik dan jernih dengan terumbu-terumbu karangnya yang masih sangat asli dan terpelihara. Anda pun tak perlu repot membawa masker, snorkel, jaket pelampung, dan peralatan lainnya karena semuanya telah disediakan oleh pengelola tanpa membayar lagi.
  3. Island hopping – Anda juga bisa menjelajahi pulau-pulau lain di sekitar Tiger Island ini yaitu ke pulau Macan Gundul dengan menggunakan kano. Bagi yang jago berenang, cobalah lakukan aktifitas jelajah pulau dengan berenang misalnya dari pulau Macan ke pulau Macan Kecil dan Macan Gundul. Hati-hati jangan sampai terbawa arus dan jangan lupa kenakan life jacket Anda.
  4. Keliling obyek wisata pulau macan – Karena luasnya yang kurang dari 1 hektar, saat trekking di sini Anda dijamin tak akan tersesat. Nikmati merasakan lembutnya pasir pantai pada telapak kaki Anda dan sejuknya angin sepoi-sepoi yang membelai kulit.
  5. Melihat gusung – Gusung bisa terbentuk karena air sedang surut walaupun tak setiap hari Anda bisa menyaksikan gundukan pasir seumpama pulau mini ini. Lokasinya tak jauh dari pulau Macan Gundul dan Anda bisa mencapainya dengan berjalan kaki. Nikmati berjemur di tempat ini sebelum air pasang kembali menenggelamkannya.
  6. Menyaksikan matahari terbenam – Inilah konon peristiwa yang paling romantis di pantai apalagi bila dinikmati bersama pasangan. Bagi penghobby fotografi jangan lupa mengabadikan peristiwa ini dengan kamera Anda.
  7. Barbeque – Wisata kuliner adalah kegiatan yang tak boleh terlewatkan saat berlibur. Di malam hari kerap diadakan pesta barbeque dengan ikan segar yang dipanggang di tepi pantai dengan bumbu sederhana dan ditaburi irisan cabai dan bawang. Citarasanya tentu sangat lezat dan bisa dikonsumsi begitu saja atau disantap bersama nasi panas yang masih mengepulkan asap.
  8. Penanaman Coral – Bila Anda berlibur di saat yang tepat, Anda akan dapat menyaksikan kegiatan pelestarian alam yang disebut coral planting untuk mengisi kembali koral-koral yang rusak atau punah baik karena proses alam atau terkena peledak untuk menangkap ikan.

 

Ulasan di atas tentu membuat Anda tak sabar untuk menghabiskan liburan pada destinasi wisata pulau macan, bukan?