Pulau Tidung Kepulauan seribu

Sebagai Negara kepulauan tentu tanah air kita kaya akan destinasi wisata bahari dengan panorama pesisir yang menakjubkan pada garis-garis pantainya yang panjang. Bagi Anda yang berdomisili di ibukota dan sekitarnya, tak perlu terbang jauh-jauh ke Pulau Bali atau Lombok karena di dekat Jakarta ada Kepulauan Seribu dengan icon wisatanya yaitu Pulau Tidung yang terkenal. Pulau terbesar yang merupakan pulau dengan penduduk terpadat pada gugusan pulau-pulau kecil di kawasan Kepulauan  Seribu ini sangat ramai dikunjungi terutama di akhir pekan serta musim liburan. Tak hanya wisatawan lokal, turis mancanegara pun ramai berwisata ke tempat ini.

Mengapa harus liburan ke Pulau Tidung?

Walaupun belum seterkenal pulau Bali tetapi sesungguhnya kawasan ini sudah cukup bagi Anda yang  membutuhkan vitamin sea untuk sekedar melepas lelah akibat beban kerja  yang bertumpuk. Selain menawarkan panorama alam dengan keindahan yang luar biasa, pulau ini sangat cocok bagi Anda yang ingin berwisata dengan nyaman. Mengapa demikian? Simak ulasannya berikut ini.

Mempunyai fasilitas lengkap

Dibandingkan dengan pulau-pulau lain yang menjadi bagian dari Kepulauan Seribu, Pulau Tidung adalah salah satu pulau dengan fasilitas umum yang paling lengkap.  Di sini Anda dapat dengan mudah menemukan ATM, kantor polisi, rumah sakit, sekolah, restoran, cottage, hingga warnet. Inilah sebabnya destinasi wisata ini sangat cocok bagi pelancong yang lebih suka berlibur dengan nyaman dan dekat dengan peradaban.

Pemandangan pantai yang indah

Pulau Tidung menyuguhkan panorama alam pantai yang cantik dan eksotis dengan suasana khas pantai-pantai tropis yang selalu menarik bagi para wisatawan asing. Tipe pantai pada destinasi wisata ini adalah pasirnya yang berwarna  putih dan lembut. Tak hanya menawarkan keindahan pada permukaan laut, pemandangan bawah laut di  pulau ini juga luar biasa tak kalah sehingga spot-spot snorkeling di sekitar pulau banyak diburu penghobby diving serta snorkeling.

Inilah tempat yang tepat bagi Anda yang berniat untuk merasakan pengalaman liburan mengesankan dengan bercengkrama bersama ikan-ikan, melihat dari dekat terumbu karang cantik dan berwarna-warni hasil bentukan lama, serta mendokumentasikan pemandangan tersebut dengan foto bawah laut. Jadi, segera siapkan snorkel, fin, serta rompi pelampung Anda. Bila belum punya tak masalah karena di sekitar pantai tersedia banyak penyedia jasa persewaan peralatan untuk snorkeling dan diving.

 

Dekat dengan Jakarta

Daripada menghabiskan terlalu banyak dana liburan untuk membayar ongkos pesawat ke Bali atau Lombok, Pulau Tidung adalah alternatif terbaik karena jaraknya yang dekat dengan Jakarta. Ada 2 jenis transportasi air yang bisa Anda pilih, yaitu dengan kapal feri dari Dermaga Muara Angke Jakarta Utara atau speedboat dari Marina Bay Ancol. Waktu tempuh tersingkat adalah melalui Dermaga Marina Ancol tetapi Anda harus membayar tarif tiket yang lebih mahal. Lama perjalanan penyeberangan ini adalah sekitar 2 hingga 3 jam.

 

Liburan praktis dengan paket wisata

Bila ingin acara liburan berjalan lancar dan semakin seru, Anda bisa memilih paket wisata liburan Pulau Tidung yang bisa Anda dapatkan dari berbagai tour organizer. Rekomendasi penyedia jasa demikian ini bisa diperoleh pada beragam forum-forum wisata, backpacker, atau situs-situs jalan-jalan di internet. Dengan demikian Anda tak perlu repot lagi mengurus segala sesuatunya sendiri mulai dari transportasi, hotel, konsumsi, hingga tour ke tempat-tempat wisata di Pulau Tidung. Beberapa tour organizer juga menyediakan fasilitas pesta api unggun sekaligus barbeque di pinggir pantai pada malam hari. Nah, seru, bukan?

 

Aktivitas wisata di Pulau Tidung

Mungkin Anda masih bingung apa saja yang bisa dilakukan di Pulau Tidung selain berwisata pantai. Nah, inilah referensinya untuk Anda.

  • Snorkeling – Keindahan panorama bawah laut Pulau Tidung sangat luar biasa bahkan dikatakan tak kalah dengan spot snorkeling yang sudah populer lainnya di tanah air. Di sini Anda bisa menyaksikan dari dekat beragam bentuk terumbu karang serta berbagai jenis ikan dan biota laut yang berumah di sekitarnya. Jangan lupa mendokumentasikan pengalaman liburan yang mengesankan ini dengan kamera khusus.
  • Bersepeda – Salah satu kegiatan liburan yang banyak dilakukan oleh wisatawan dalam dan luar negeri adalah menjelajahi pulau dengan bersepeda. Tak perlu repot membawa sepeda sendiri karena di sekitar pantai tersedia banyak persewaan sepeda dengan tarif yang sangat terjangkau. Cukup 15 ribu sampai 20 ribu saja sehari.

Bila Anda berlibur secara mandiri ala backpacker di musim liburan dan ingin menjelajahi pulau dengan naik sepeda maka hal pertama yang harus Anda lakukan begitu tiba di Pulau Tidung adalah segera menyewa sepeda. Bila tak demikian Anda tak akan kebagian sepeda karena tingginya minat pengunjung.

  • Berburu sunset dan sunrise – Liburan Anda di pantai tak akan afdol bila tak bisa mengabadikan matahari terbit dan terbenam yang spektakuler. Panorama demikian ini tentu tak bisa kita saksikan setiap hari sehingga saat berada di Pulau Tidung Anda tak boleh melewatkan peristiwa ini. Apalagi bagi para penghobby fotografi, jangan lupa membawa serta peralatan fotografi kesayangan Anda.lokasi strategis untuk menikmati momen ini adalah di bagian timur pulau, tepatnya di Jembatan Cinta.
  • Jembatan Cinta – Jembatan ini adalah salah satu icon wisata di kawasan Pulau Tidung yang demikian populer. Jembatan sepanjang 800 m ini dahulu dibuat dari kayu dan menjadi penghubung antara Pulau Tidung Besar dan Pulau Tidung Kecil. Sekarang jembatan ini telah direnovasi sehingga menjadi lebih kokoh. Selain menunggu momen matahari terbit dan terbenam, jembatan ini juga mempunyai bagian yang diperuntukkan sebagai lokasi uji adrenalin.

Inilah kegiatan yang seru di Pulau Tidung dimana wisatawan dengan nyali besar melompat langsung ke laut pada jembatan dengan ketinggian sekitar 6 meter ini. Jembatan Cinta terlihat cukup unik karena ada bagian yang berbentuk setengah lingkaran dengan dicat berwarna merah. Konon inilah sebabnya jembatan ini dinamakan Jembatan Cinta. Tempat itu banyak diminati pengunjung untuk berfoto termasuk pasangan calon pengantin yang melakukan sesi pemotretan  prewedding.

  • Pulau Tidung Kecil – Di pulau mungil tak berpenghuni ini ada berbagai aktivitas liburan yang bisa Anda lakukan, misalnya berkemah, mengunjungi lokasi budidaya hutan mangrove, atau melihat makam tua yang konon peristirahatan terakhir orang yang membuka Pulau Tidung ini untuk dijadikan pemukiman. Untuk aktivitas berkemah, Pulau Tidung Kecil cukup nyaman sebagai camping ground karena di tempat ini Anda bisa dengan mudah memperoleh air bersih.

Selain itu ada fasilitas kamar mandi dan mushola. Sementara bagi Anda yang ingin berwisata edukasi, kawasan hutan mangrove di Pulau Tidung Kecil juga merupakan destinasi wisata yang cocok karena pengunjung bisa melihat dari dekat bagaimana tanaman ini dibudidayakan. Pengunjung bahkan diperbolehkan turut berpartisipasi dengan kegiatan penanaman bibit mangrove ini.

 

Apakah Anda pernah mendengar tentang Jembatan Cinta? Anda mungkin berpikir jika tempat itu tidak ada atau ada tapi berada jauh sana di luar negeri. Jika Anda berpikir begitu, Anda benar-benar salah karena Jembatan Cinta berada di Wisata Pulau Tidung. Pulau Tidung adalah salah satu pulau indah, cantik dan mempesona dari seluruh pulau-pulau yang menjadi tujuan wisata di Kepulauan Seribu dan masih berada di wilayah Jakarta.

 

Jembatan Cinta Wisata Pulau Tidung

Pulau Tidung merupakan pulau tropis yang memiliki keindahan sangat luar biasa baik di atas maupun di dalam lautnya. Artinya, dari atas lau atau daratan, pulau ini menyimpan keindahan yang tak pernah Anda bayangkan sebelumnya. Keindahan pesona pulau ini bahkan sangat romantis. Pantai dengan pasir putih dan air yang jernih berwarna biru kehijauan adalah sebagian kecil dari apa yang ditawarkan Wisata Pulau Tidung. Pulau ini mencerminkan keindahan surga yang sesungguhnya. Apalagi, lokasinya berada di dekat Jakarta. Pastinya Anda memiliki alasan tersendiri untuk datang ke sini.

 

Pulau Tidung dibagi menjadi dua pulau yang disebut dengan Pulau Tidung Besar serta Pulau Tidung Kecil yang terhubung melalui Jembatan Cinta yang berbentuk melengkung pada bagian tengah. Jembatan ini bahkan memiliki mitos tersendiri yang katanya jika seorang jomblo meloncat dari tengah atau bagian jembatan yang melengkung sebanyak 7 kali, maka sepulangnya dari Wisata Pulau Tidung ia akan mendapatkan seorang jodoh yang setia. Entah benar atau tidak, yang jelas jembatan ini menarik.

Dari jembatan ini Anda dapat berjalan-jalan menuju Pulau Tidung Kecil. Melalui jembatan pula Anda dapat mengamati formasi karang serta ikan di bawah laut dari atas permukaan. Ya, karena airnya yang sangat jernih, dari Jembatan Cinta ini Anda bisa melihat dasar lautnya apalagi airnya juga tenang. Oleh sebab itu, tidak sedikit wisatawan yang snorkeling di dekat Jembatan Cinta ini. Anda bisa menyewa peralatan snorkeling jika mau atau bermain permainan air di dekat jembatan ini. Anda juga bisa lakukan scuba diving di dekat Jembatan Cinta.

 

Snorkeling maupun diving bisa Anda lakukan di Wisata Pulau Tidung baik di area lain maupun di area dekat Jembatan Cinta. Pastinya, diving dilakukan di tempat yang lebih dalam sedangkan snorkeling yang lebih dangkal. Anda tidak akan kecewa ketika menyibak keindahan bawah laut Pulau Tidung. Bahkan, Anda akan langsung jatuh cinta. Oleh sebab itu, pastikan untuk mendatangi dan melewati Jembatan Cinta ketika sedang berwisata di Pulau Tidung.

 

Permainan Seru di Jembatan Cinta; Wisata Pulau Tidung

Selain snorkeling, diving dan juga mencoba menguji adrenaline dengan meloncat dari lengkungan Jembatan Cinta, masih ada banyak permainan seru yang bisa Anda lakukan ketika berada di sini. Pertama, Anda bisa melihat indahnya sunrise yang akan meyibak malam. Sunrise akan terlihat bersemburat dengan warna keemasan di pagi hari. Benar-benar sangat indah pemandangan sunrise dari atas Jembatan Cinta. Anda tak mungkin bisa melupakannya.

 

Kedua, jika beruntung, Anda juga berkesempatan untuk melihat romantis dan dramatisnya sunset di sore hari. Jika Anda tidak bisa melihat sunset dari Jembatan Cinta, Anda bisa menyewa perahu untuk memburu sunset dan temukan lokasi yang tepat untuk mengabadikannya. Ya, ada perahu yang bisa disewa untuk mengantarkan Anda ke beberapa spot snorkeling atau spot lainnya yang bisa Anda jelajahi dengan perahu.

 

Ketiga, Banana Boat serta Kano adalah permainan seru berikutnya yang bisa Anda lakukan di dekat Jembatan Cinta. Oleh karena air laut atau pantainya dangkal dan juga airnya yang bersih Wisata Pulau Tidung baik di area Jembatan Cinta maupun lainnya merupakan tempat yang pas untuk permainan seru Banana Boat dan juga Kano. Bahkan, jika Anda bersama anak-anak, Anda tidak perlu terlalu khawatir karena airnya juga tenang.

 

Masih ada kegiatan lain yang bisa Anda lakukan ketika melakukan perjalanan Wisata Pulau Tidung baik di Jembatan Cinta maupun yang lainnya. Bersepeda di Pulau Tidung Besar juga bisa menjadi alternative seru ketika pagi atau sore hari. Kemudian, malam hari bisa adakan kegiatan BBQ bersama teman atau keluarga.