Tour Bromo: Petualangan Menantang dan Seru Menanti Kamu

  • Apakah kamu pecinta wisata petualangan?
  • Jangan mengaku sebagai seorang adventurer jika kamu belum pernah mengikuti Tour Bromo
  • .. Bromo tidak hanya disukai para petualang dalam negeri, namun juga petualang manca negara.
  • . jangan mau kalah di negeri sendiri ya…

Sebelum menaklukkan tantangan di negara lain, cobalah jelajahi keindahan negeri sendiri. Salah satu destinasi wisata petualangan yang wajib kamu coba adalah Gunung Bromo, salah satu gunung berapi dengan daya tarik yang istimewa. Alam yang indah dan unik menjadikannya istimewa dan sayang untuk dilewatkan.

Gunung Bromo adalah salah satu destinasi wisata andalan di Propinsi Jawa Timur. Gunung ini merupakan bagian dari Taman Nasional  Bromo Tengger Semeru. Gunung Bromo dan Semeru adalah gunung aktif. Tahukah kamu jika gunung ini mengeluarkan erupsi-erupsi kecil setiap 30 menit? Bayangkan betapa menantangnya perjalanan kamu mendaki gunung api ini…

Meskipun kamu tidak diperbolehkan mendekati area erupsi dalam radius tertentu, fenomena alam yang luar biasa di kawasan gunung ini tidak akan pernah kamu lupakan. Rasa lelah yang kamu rasakan selama perjalanan akan langsung terbayar begitu tiba di puncak gunung.

Tour Bromo – Idola Bagi Para Petualang

Di kalangan petualang, daya tarik yang sesungguhnya di Gunung Bromo adalah fenomena dan pemandangan mata hari terbit (sunrise). Oleh sebab itu, Tour Bromo Midnight atau wisata tengah malam adalah paket tour paling populer. Para wisatawan tidak segan berlelah-lelah di malam buta demi ‘menangkap’ pemandangan sunrise yang spektakuler di Bromo.

Lalu, apa saja objek wisata dan aktivitas yang dapat kamu lakukan selama perjalanan menuju Bromo? Berikut adalah jawabannya:

Puncak Penanjakan

Seperti namanya, puncak Penanjakan adalah spot untuk menikmati pemandangan sunrise yang eksotis. Dari sini, kamu akan melihat gugusan Gunung Bromo, Gunung Semeru, dan Gunung Tengger. Keindahan pemandangan alam ini akan membuat kamu terhanyut dan bersyukur atas ciptaan Yang Maha Kuasa.

Medan menuju Puncak Penanjakan ini memang tidak mudah. Kamu bisa mempercepat perjalanan dengan mengendarai mobil jeep, dan melanjutkannya dengan jalan kaki. Namun, rasa lelah tersebut akan hilang begitu kamu melihat hamparan pemandangan di hadapan kamu.

Bukit Penanjakan ini terdiri dari 2 titik, yakni Bukit Penanjakan 1 dan Bukit Penanjakan 2 (atau dikenal dengan Seruni Point). Spot ini sangat terkenal. So, pastikan kamu berangkat pagi-pagi buta untuk mendapat tempat di Bukit Penanjakan. Sedikit terlambat saja, sebaiknya kamu mencari alternatif lain deh…

Bukit Teletubbies

Seperti namanya, imajinasi kamu akan terbawa pada bukit hijau dengan pemandangan alam yang indah layaknya di serial kartun Teletubbies. Bukit ini juga merupakan spot selfie yang sempurna, dengan latar belakang pemandangan hijau yang eksotis. Bukit Teletubbies juga kerap dijadikan lokasi pembuatan video klip atau background untuk foto pre-wedding.

Kawah Bromo

Kawah ini berada di puncak tertinggi gunung. Seperti disebutkan di atas, Gunung Bromo aktif menunjukkan aktivitas vulkanisnya. Jadi, begitu mendekati area kawah, kamu akan mencium bau belelerang. So, jangan lupa membawa sapu tangan atau scraf untuk menutup hidung saat mendaki.

Pura Luhur Poten

Tempat suci bagi umat Hindu ini berdiri di kaki kawah gunung bromo. Pura ini dikelilingi padang pasir. Masyarakat Tengger dan sekitar yang menganut agama Hindu menyelenggarakan acara keagamaan atau pemujaan di Pura Luhur Poten, pada hari ke-14 setiap bulan Kasada. Itulah sebabnya upacara ini dikenal dengan Upacara Kasada.

Upacara Kasada telah dilakukana secara turun-temurun oleh masyarakat Tengger dan sekitarnya. Upacara adat ini dilaksanakan sebagai bentuk persembahan kepada Sang Hyang Widhi di Kawah Gunung Bromo. Nah, jika ingin melihat upacara ini, kamu bisa memilih Paket Tour Bromo Adventure pada tanggal yang bertepatan dengan pelaksanaan upacara ini.

Pasir Berbisik

Area padang pasir tertinggi dalam radius 10 KM di Bromo ini terbentuk dari Kaldera raksasa dari pegunungan. Nama Pasir Berbisik mulai disematkan pada padang pasir ini sejak dilakukannya proses syuting film dengan judul yang sama di tahun 2001. Jangan lewatkan dokumentasi foto dan video yang istimewa saat melewati padang pasir ini. Kamu bisa menyewa sepeda motor atau kendaraan ATV untuk touring.

Bukit Cinta

Nah,,, buat kamu yang tidak kebagian tempat di Bukit Penanjakan, ternyata ada spot lain yang tidak kalah indahnya, yakni Bukit Cinta. Bukit ini berjarak sekitar 5 km dari Puncak Penanjakan 1 dan tidak jauh dari Puncak Penanjakan 2. View di bukit ini justru semakin mempesona begitu matahari terbit. Ya,,, kamu akan disuguhkan dengan pemandangan lautan pasir dan kawah Bromo yang mulai mengintip di belakang Gunung Batok.

Gunung Semeru yang berdiri gagah di kejauhan juga mulai menampakkan diri. Nah… coba deh lihat ke belakang, pemandangan Gunung Penanggungan dan Gunung Arjuno siap membelalakkan mata kamu. Eits… masih ada lagi. Ternyata Bukit Cinta adalah spot yang sempurna untuk mengabadikan fenomena Milky Way. So, jangan lupa siapkan kamera khusus ya…

Lalu, kenapa di sebut Bukit Cinta? Coba deh datang ke sini di sore hari. Kamu akan merasakan nuansa yang sangat romantis – pas buat pasangan yang sedang jatuh cinta.

Bukit Kingkong

Satu lagi spot alternatif untuk menikmati pemandangan sunrise yang istimewa adalah Bukit Kingkong Bromo. Disebut demikian, karena tonjolan tebing ini menyerupai wajah dan kepala kingkong. Tebing pada bukit dengan ketinggian 2.600 mdpl ini terpahat alami. Ya, Bukit Kingkong lebih tinggi daripada Bukit Cinta dan sedikit di bawah Puncak Penanjakan 1.

Lansekap panorama alam yang terlihat dari puncak Bukit Kingkong tidak jauh berbeda, namun bentangannya lebih luas. Kamu bahkan bisa melihat pemandangan Kota Pasuruan dan Kota Probolinggo. Istimewanya, bukit ini lebih mudah dijangkau daripada Puncak Penanjakan. Dari Cemoro Lawang, kamu hanya perlu berjalan selama 1 jam. So, tepat untuk kamu yang terlambat ke Penanjakan 1, kan?

Paket Tour Bromo Adventure – Asyik Namun Terjangkau

Untuk menikmati fenomena alam yang luar biasa tersebut, anda tidak perlu membayar jutaan rupiah. Paket Tour Bromo Adventure sangat terjangkau. Biasanya, harga paket standar yang anda bayar sudah termasuk:

  • Transportasi dan sewa Jeep/Hardtop
  • Sopir berpengalaman
  • Tiket masuk
  • Asuransi
  • Masker

Pada dasarnya, harga paket disesuaikan dengan fasilitas yang ingin anda nikmati. Anda juga bisa mencoba petualangan berkuda di padang pasir dengan sedikit biaya tambahan. Namun, aktivitas ini juga bisa dimasukkan ke dalam paket, sesuai permintaan.

Paket wisata Midnight ke Gunung Bromo juga bisa dipadukan dengan kunjungan ke Gunung Ijen. Di sini, kamu bisa menyaksikan fenomena alam Bluefire yang hanya ada dua di dunia.

  • Siap menikmati petualangan penuh tantangan?
  • Inilah saatnya menaklukkan rasa takutmu dan buktikan dirimu mampu
  • Pengalaman seru dan berkesan siap menanti kamu…