Tour Pulau Komodo Hadirkan Pengalaman Langka dan Istimewa

Komodo adalah hewan kebanggaan Indonesia. Hewan reptil yang dilindungi ini merupakan salah satu keajaiban dunia. Ya,,, komodo hanya ada di Indonesia. Jadi, jika anda sedang merancang agenda liburan mendatang, Tour Pulau Komodo adalah alternatif yang menarik. Kawasan wisata Pulau Komodo sebenarnya terdiri dari 3 pulau, yakni Pulau Rinca, Pulau Komodo, dan Pulau Padar. Anda bisa bertemu reptil raksasa tersebut di ketiga pulau ini.

Menurut sejumlah wisatawan, jika ingin bertemu hewan komodo secara langsung, cara termudah adalah berkunjung ke Pulau Rinca. Meski populasi komodo lebih sedikit di sini, karena luasan pulau lebih kecil, maka lebih mudah untuk bertemu hewan reptil terbesar di dunia tersebut. Pulau Rinca tidak berpenghuni, dan pemandangan di pulau ini didominasi padang rumput.

Pulau Komodo sendiri berukuran paling besar di antara 3 pulau tersebut. Pulau ini juga satu-satunya yang berpenghuni. Jalur trekking di Pulau Komodo lebih adem, karena jalur yang anda lalui dihiasi pohon-pohon besar. Meski lokasinya paling jauh dari Labuan Bajo, Pulau Komodo memiliki fasilitas yang cukup baik, termasuk saluran komunikasi.

6 Aktivitas Wajib saat Tour Pulau Komodo

Saat mengikuti Tour Pulau Komodo, anda bisa melihat secara langsung komodo di habitat aslinya. Bahkan, bisa saja anda melihat komodo berkeliaran di kawasan perkampungan. Ada beberapa hal menarik yang bisa anda lakukan, seperti:

Melihat Komodo Secara Langsung

Ya… ini adalah tujuan utama Paket Tour Pulau Komodo, yakni melihat komodo secara langsung. Ada beberapa aktivitas yang layak dicoba, seperti:

  • Datang ke tempat di mana komodo biasanya berjemur
  • Datang ke tempat di mana komodo memakan mangsanya. Namun, pastikan anda didampingi seorang pawang untuk menjamin keamanan.
  • Mempelajari sejarah komodo. Kadal raksasa ini sudah hidup di kawasan ini sejak 40 juta tahun yang lalu. Anda bisa menggali lebih banyak pengetahuan tentang hewan ini langsung di habitatnya.
  • Mempelajari karakteristik dan siklus hidup komodo
  • Membuat video klip, dan sebagainya

Nah, setelah puas melihat komodo di habitat aslinya, lalu apalagi yang bisa anda lakukan di pulau ini? Jangan khawatir. Ada banyak aktivitas menarik yang membuat perjalanan anda semakin berkesan. Berikut adalah di antaranya:

Berkunjung ke Pink Beach

Nama yang menarik, bukan? Pantai ini dinamai demikian, karena pasir pantainya memang terlihat berwarna pink. Inilah yang membedakannya dari pantai lainnya. Jika anda pecinta snorkeling, Pink Beach adalah spot yang ideal. Pantai yang berada di wilayah Pulau Komodo ini menawarkan pemandangan bawah laut yang menakjubkan.

Kampung Wisata Komodo

Kampung ini adalah kawasan pemukiman penduduk di Pulau Komodo. Anda bisa melihat keseharian penduduk asli Pulau Komodo secara dekat. Pulau ini didiami sekitar 1.700 jiwa. Anda bisa melihat masyarakat yang membuat kerajinan berupa patung komodo yang dijual kepada wisatawan. Nah, tidak ada salahnya membawa beberapa souvenir sebagai oleh-oleh, bukan? Di sini, anda juga bisa mencoba jajanan khas buatan penduduk setempat, seperti seafood.

Snorkeling di Pulau Kelor

Pulau kecil ini berada di sebelah timur Pulau Komodo. Lokasinya cukup dekat, jadi waktu tempuhnya hanya beberapa menit menggunakan perahu. Pulau Kelor adalah spot primadona bagi snorkeler. Ada lebih dari 200 jenis karang dan biota laut yang hidup di perairan sekitar pulau ini.

Menikmati Alam Bawah Laut Pulau Kanawa

Satu lagi pulau favorit wisatawan di sekitar Pulau Komodo adalah Pulau Kanawa. Keindahan bawah lautnya terlihat jelas sejak pertama kali anda menginjakkan kaki di dermaganya. Pulau seluas 32 ha ini memang sangat menawan. Nuansa yang tenang membuat anda merasa seperti berada di pulau pribadi. Aktvitas favorit di sekitar Pulau Kanawa adalah snorkeling dan diving.

Pasir putih yang lembut, air laut yang jernih, terumbu karang yang terawat, dan perbukitan di sekitarnya sungguh memanjakan mata. Pemandangan sunrise  maupun sunset sama-sama indah di Pulau Kanawa. Jadi, tidak heran jika wisatawan menjuluki Pulau Kanawa sebagai ‘Surga Kecil.”

Trekking di Pulau Padar

Pulau Padar menawarkan pemandangan terindah dibanding pualu lainnya. Konturnya yang berbukit tajam membuat landscape-nya  tampak sepertipemandangan di film animasi Jurassic Park. Pulau Padar menawarkan jalur trekking paling menantang dan paling menarik. Jadi, jika anda kerap mendaki bukit, jangan lewatkan kesempatan ini.

Dari atas bukit, anda akan terpesona dengan pemandangan alam yang terpampang di depan. Dari puncak bukit, anda bisa melihat panorama pantai dengan warna yang berbeda-beda.

Tips Aman dan Nyaman Tour Pulau Komodo

Pulau Komodo memang berbentuk kepulauan. Namun, aksessibilitas antar pulau di kawasan Taman Nasional Pulau Komodo sudah relatif baik. Fasilitas pendukung seperti akomodasi, warung makan, dan penyewaan perahu motor juga mudah didapat. Demikian juga dengan fasilitas telekomunikasi. Meski demikian, beberapa tips berikut dapat membuat anda tetap aman dan nyaman:

  • Gunakan Paket Tour Pulau Komodo. Jika melakukan perjalanan dengan agen perjalanan wisata, anda tidak perlu mengurusi masalah transportasi, tiket masuk, akomodasi, sewa kapal, konsumsi, dan sebagainya. Dengan demikian, anda bisa menikmati perjalanan dengan perasaan nyaman. Dengan paket wisata, setiap perjalanan anda didampingi ranger atau pemandu.
  • Pastikan anda mematuhi ketentuan dari ranger atau pemandu, seperti tidak memberi makan komodo, tidak bepergian sendiri, dan sebagainya.
  • Gunakan alas kaki yang aman, seperti sepatu trekking. Selain melindungi kaki anda dari gigitan nyamuk, sepatu ini juga melindungi anda dari hewan beracun
  • Bawa persediaan obat-obatan dan lotion anti-nyamuk, serta perlengkapan pribadi lainnya, terutama jika paket tour Pulau Lombok yang anda ambil termasuk island hopping ke beberapa pulau kecil di sekitar Pulau Lombok.
  • Bawa persediaan minuman untuk mencegah dehidrasi
  • Khusus bagi wanita yang sedang menstruasi, pastikan anda memberitahu kepada ranger atau agen perjalanan wisata. Komodo adalah reptil yang sangat responsif terhadap aroma darah.

Mengapa Mengambil Tour Pulau Komodo Sekarang?

Jika anda ingin menikmati keindahan pulau komodo dan melihat langsung reptil raksasa kebanggaan Indonesia ini di habitatnya, maka sekaranglah saatnya! Kesempatan anda untuk berkunjung ke Pulau Komodo hanya tahun ini. Terhitung bulan Januari 2020, Pemerintah Republik Indonesia sudah memutuskan untuk menutup kawasan ini bagi wisatawan.

Selama periode penutupan ini, Pemerintah akan melakukan konservasi untuk memelihara komodo secara lebih fokus. Pemerintah akan memastikan ketersediaan pasokan makanan yang mencukupi untuk reptil tersebut. Harapannya, reptil ini dapat berkembang biak dengan baik dan jumlahnya semakin bertambah.

Mungkin, suatu saat pemerintah akan membuka kembali kawasan Pulau Komodo untuk wisatawan, dengan koleksi komodo yang semakin banyak dan fasilitas yang semakin lengkap. Namun, waktunya belum bisa dipastikan. Jadi, jika anda ingin mengunjungi pulau ini, sekaranglah waktu terbaik.  Jika tidak, anda mungkin harus menunggu lama….

Jangan lewatkan kesempatan  yang terbatas ini…

Hubungi kami segera untuk informasi lebih lanjut….