Wisata sehari ke Pulau Tidung
August 3, 2017
Eksotisme dan Keindahan Pulau Pari Kepulauan Seribu
September 1, 2017

Keunikan dan Keindahan Pulau Pramuka

Mungkin sebagian orang di Indonesia, khususnya yang berdomisili di Jakarta, Bandung, Bogor, Tangerang, Depok, Bekasi dan juga sekitarnya, mendengar nama Kepulauan Seribu sudah tidak asing lagi. Ditambah kepulauan tersebut bukan hanya bagian dari wilayah Jakarta sebagai ibukota Negara kita Indonesia, tetapi juga karena kepulauan tersebut merupakan tempat tujuan wisata yang sering dikunjungi oleh wisatawan. Kepulauan tersebut sangat populer karena keindahan alam dan pesona objek wisatanya yang sangat unik dan indah. Karena itu banyak wisatawan lokal maupun wisatawan asing yang menyempatkan diri untuk berwisata ke kepulauan tersebut.

Dari sekian banyak pulau yang tergabung dalam wilayah Kepulauan Seribu, Pulau Untung Jawa, Pulau Puteri, Pulau Bidadari dan Pulau Tidung mungkin sudah menjadi tempat objek wisata yang cukup terkenal juga. Tetapi pernahkah anda mendengar nama Pulau Pramuka? Jika belum pernah, maka sebaiknya and abaca artikel berikut sampai tuntas agar anda bisa tahu informasi apa saja yang bisa anda dapat tentang pulau tersebut.

Alasan Mengapa harus Berwisata ke Pulau Pramuka

Pulau Pramuka merupakan slah satu pulau yang masuk dalam gugusan Kepulauan Seribu sekaligus merupakan pulau tempat pusat administrasi dan pemerintahan Kabupaten Administratif Kepulauan Seribu. Pulau ini letaknya di bagian tengah dari gugusan Kepulauan Seribu, tepatnya di Kelurahan Pulau Panggang, Kecamatan Kepulauan Seribu Utara, Daerah Khusus Ibukota Jakarta. Pulau Pramuka ini sekarang sudah menjadi salah satu tempat tujuan wisata yang banyak disukai oleh para wisatawan, baik wisatawan lokal maupun mancanegara.

Luas pulau ini hanya sekitar 9 hektar dan dihuni oleh penduduk dengan jumlah sekitar 1.004 jiwa. Penduduk dari Pulau Pramuka ini sebagian besarnya merupakan etnis Betawi, etnis Banten, Etnis Bugis, dan etnis Madura. Meskipun terbilang tidak begitu luas, tapi Pulau ini menjadi tempat pusat pemerintahan Kepulauan Seribu dan sudah memiliki berbagai macam fasilitas yang bisa dibilang jauh lebih lengkap dibandingkan dengan pulau-pulau lain di sekitarnya. Fasilitas –fasilitas tersebut contohnya adalah Sekolah mulai dari sekolah tingkat dasar (SD) sampai dengan Sekolah Menengah Atas (SMA). Kemudian ada juda rumah sakit, kantor kelurahan, toko-toko, warung atau tempat makan, tempat penginapan, tempat pusat pelestarian penyu sisik dan hiu, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Kepopuleran Pulau Pramuka ini selain karena menjadi salah satu tempat pusat pemerintahan Kepulauan Seribu, juga dikarenakan keadaan pulau dan lautnya yang masih sangat terjaga serta pemandangan alam dan sekitarnya yang sangat indah. Itulah sebabnya banyak wisatawan yang tertarik untuk mengunjungi pulau ini karena di pulau ini, mereka bisa mendapatkan pengalaman berwisata yang tidak terlupakan dan dan mengesankan. Selain itu penduduk dari Pulau ini juga sangat ramah dan baik, sehingga bisa memberikan rasa aman dan nyaman bagi para wisatawan yang berkunjung. Kemudian jika dilihat dari letaknya yang strategis dan berada di tengah gugusan Kepulauan Seribu, maka Pulau Pramuka ini menjadi salah satu tempat favorite untuk menginap bagi para wisatawan yang berencana untuk pergi ke pulau-pulau lainnya di gugusan Kepulauan Seribu tersebut.

Askes Menuju Pulau Pramuka

Setelah anda membaca keunikan dan pesona yang dimiliki oleh Pulau Pramuka, tidak heran jika kemudian anda memutuskan untuk menyempatkan diri berwisata ke pulau tersebut. Nah, untuk mencapai Pulau Pramuka, anda bisa menuju pulau mulai dari Pelabuhan Muara Angke atau dari Pelabuhan Marina Ancol. Untuk anda yang berencana pergi ke Pulau Pramuka melalui Muara Angke, anda bisa menumpang kapal penumpang berukuran sedang yang hanya beroprasi sebanyak dua kali dalam sehari yaitu pada pukul 7 pagi atau pukul 1 siang.

Tarif  kapal tersebut untuk sekali jalan yaitu sekitar Rp.30.000. Jadi pastikan anda jangan sampai tertinggal dengan jadwal keberangkatan kapal tersebut atau bahkan usahakan datang lebih awal, karena jika sampai terlambat itu berarti anda harus datang lagi pada hari besoknya. Terlebih lagi jika sudah masuk jadwal liburan atau akhir pekan, makan kapal akan sangat cepat terisi dan penuh, sehingga mengharuskan anda untuk berebut tempat dengan penumpang lainnya.

Kapal penumpang tersebut hanya memiliki satu tempat duduk pada bagian kursi nahkodanya, karena itu, mau tidak mau anda harus lesehan atau berdiri. Waktu tempuh yang diperlukan dari Pelabuhan Muara Angke untuk sampai ke Pulau Pramuka kurang lebih sekitar 2,5 sampai 3 jam tergantung dari kondisi kapal, kondisi cuaca, dan juga gelombang di Laut Jawa.

Sedangkan untuk anda yang berani untuk membayar lebih dengan kenyamanan dan waktu tempuh yang lebih cepat, maka anda bisa pergi ke Pelabuhan Marina Ancol dengan menyewa speedboat. Tarifnya biasanya sekitar Rp.150.000 sampai dengan Rp.400.000 per orang untuk sekali jalan. Sedangkan waktu tempuh yang diperlukan dari Pelabuhan Marina Ancol ke Pulau Pramuka yaitu kurang lebih sekitar 90 menit. Kelebihan lain dengan menyewa speedboat dari pada kapal penumpang yaitu anda bisa mendapatkan pelayanan pribadi yang ramah dan juga mendapatkan kenyamanan lebih dengan adanya ruang kapal yang berAC. Tentunya dengan kelebihan yang diberikan tersebut, harga sewa speedboat tersebut menjadi terbayarkan dengan kenyamanan yang bisa anda rasakan.

Selama perjalanan ke Pulau Pramuka, sempatkan diri anda untuk menikmati pemandangan lautan yang biru dan terhampar luas, udara khas lautan yang segar, serta pemandangan sekitar Jakarta dan Kepulauan Seribu. Dengan begitu anda pasti bisa memikirkan bahwa meskipun Jakarta dikenal sebagai salah satu kota dengan tingkat polusi yang tinggi, tetapi juga masih ada daerah sekitarnya yang tidak jauh dari Jakarta yang masih alami, indah, dan asri.

Berwisata Ke Pulau Pramuka

Setelah menempuh perjalanan berjam-jam, anda pasti mulai merasa lelah dan bosan. Tetapi semua rasa lelah, boan dan capek itu bisa terbayarkan saat anda sudah sampai di Pulau Pramuka. Karena di sana, anda bisa berwisata sepuasnya, mulai dari bermain air, berenang, menyelam, memancing, atau sekedar menikmati keindahan matahari terbenam di dermaga. Selain itu anda juga bisa mengunjungi tempat penangkaran hiu dan penangkaran  penyu sisik yang ada di Pulau Pramuka ini.

Di tempat penangkaran Hiu, anda bisa melihat banyak hiu yang sedang berenang sambil anda juga ikut berenang di dekat mereka. Kemudian anda juga bisa mengabadikan moment tersebut dengan berfoto. Selain itu jika anda pergi berwisata ke Pulau Pramuka dengan keluarga anda, termasuk membawa anak-anak kecil, maka anda bisa lebih menikmati lagi saat pergi ke tempat penangkaran Penyu sisik. Karen adi sana terdapat penyu-penyu sisik yang dibudidayakan dari sejak penyu tersebut menetas, sampai dengan waktu dimana mereka siap untuk di lepas di pantai dan akhirnya menuju lautan. Jika anak kecil melihat penyu-penyu yang kecil dan lucu tersebut, pasti mereka akan tertarik dan senang. Selain itu mereka juga bisa sekaligus belajar tentang pelestarian hewan terutama hewan-hewan yang sudah langka.

 

Comments are closed.