Eksotisme dan Keindahan Pulau Pari Kepulauan Seribu

Keunikan dan Keindahan Pulau Pramuka
August 29, 2017
Keunikan Mitos-mitos Pulau Seribu Sebagai Daya Tarik Bagi Wisatawan
September 3, 2017
Show all

Eksotisme dan Keindahan Pulau Pari Kepulauan Seribu

Siapa sih yang tidak ingin berlibur dan bersenang-senang?  Tentunya hampir setiap orang ingin mempunyai waktu luang yang bisa dipergunakan untuk berwisata dan berlibur.  Hal ini karena berlibur adalah salah satu cara agar kita bisa menghilangkan rasa stress, penat, bosan, dan rasa kesepian yang sering sekali dialami oleh semua orang di dunia. Terutama jika tuntutan pekerjaan sudah mulai menumpuk dan deadline yang semakin mendekat. Hal tersebut tentunya bisa menjadikan mental kita terganggu jika kita tidak kuat dengan tekanan yang sedang kita alami tersebut. Karena itulah manusia memerlukan liburan atau berwisata. Bukan hanya untuk orang dewasa yang sudah bekerja, tetapi juga untuk remaja yang masih duduk dibangku sekolah, atau anak-anak kecil, liburan tentunya memberikan pengalaman dan kesenangan tersendiri untuk mereka.

Nah, untuk anda yang berdomisili di daerah ibukota Jakarta, atau di kota Bandung, Bogor, Tangerang, Bekasi, dan sekitaranya, ada satu tempat tujuan yang menarik yang bisa anda kunjungi. Nama tempat tujuan wisata tersebut adalah Pulau Pari. Di pulau tersebut, banyak objek wisata yang bisa anda nikmati bersama dengan keluarga, teman-teman, saudara, atau hanya dengan pasangan anda berdua. Karena itu Pulau Pari sangat cocok untuk anda yang sedang bingung mencari tempat tujuan wisata.

Objek Wisata Pulau Pari

Pulau Pari adalah salah satu pulau yang masih berada di wilayah Kepulauan Seribu, kota Jakarta. Luas pulau ini sekitar 40,32 hektar dan merupakan salah satu kabupaten yang ada di Kepulauan Seribu. Pulau ini merupakan pulau yang sudah terkenal keindahannya dan termasuk pulau yang dijadikan sebagai salah satu tempat tujuan wisata di Kepulauan Seribu dari sekian banyak pulau yang ada di Kepulauan Seribu. Karena keindahan dan pesonanya itulah yang kemudian membuat Pulau Pari sudah banyak sekali dikunjungi oleh para wisatawan, baik wisatawan lokal maupun mancanegara.

Jika anda berminat untuk datang ke Pulau Pari dan ingin langsung melihat sendiri keindahan yang dimiliki oleh pulau ini, maka anda bisa mengunjunginya dengan melalui perjalanan laut dari kota Jakarta. Setibanya di sana, anda akan disajikan dengan panorama alam yang sangat menakjubkan dan indah yang pastinya akan membuat anda terpana sulit untuk melupakannya. Keindahan dari Pulau Pari memang menjadi daya tarik tersendiri yang bisa menarik minat wisatawan. Hal ini kemudian bisa juga menjadi salah satu alasan pulau tersebut bisa menjadi primadona tempat tujuan wisata yang ada di Kepulauan Seribu.

Akses Menuju ke Pulau Pari

Bagi anda yang ingin mencoba melihat langsung keindahan Pulau berpasir putih dengan air laut yang bening kehijauan ini, anda bisa mengaksesnya melalui perjalanan laut. Pertama yaitu melalui Pelabuhan Muara Angke dengan mengendarai atau menyewa kapal penumpang. Kapal ini biasanya hanya beroperasi dua kali dalam sehari. Yaitu pada pukul 7 pagi dan puku 1 siang dengan jarak tempuh dari Pelabuhan Muara Angke ke Pulau Pari sekitar 2 jam. Tapi tentunya hal tersebut juga dipengaruhi oleh keadaan cuaca, keadaan kapal dan juga keadaan gelombang lautan.

Jika anda ingin menuju Pulau Pari melalui Pelabuhan ini, anda sebaiknya tidak sampai tertinggal dengan jadwal keberangkatan kapal. Memang jika anda ketinggalan jam yang 7 pagi, anda masih bisa berangkat pada pukul 1 siang. Kaan tetapi jika anda telat datang pada jadwal berangkat yang jam 1 siang, maka anda harus menunggu hari besoknya lagi untuk bisa menuju Pulau Pari. Karena itu datang tepat waktu atau bahakan datang lebih awal sangat dianjurkan untuk anda.

Yang kedua anda bisa melalui Pelabuhan Marina yang letaknya di Ancol. Di dermaga tersebut anda bisa menyewa speedboat jika ingin  pergi ke Pulau Pari. Sayangnya harga sewanya jauh lebih mahal dibandingkan dengan harga sewa kapal penumpang dari Muara Angke. Tapi tentunya sebanding dengan kualitas pelayanan dan juga fasilitas yang bisa anda dapatkan dengan menggunakan speedboat tersebut. Anda bisa mendapatkan pelayanan yang ramah, dengan ruangan yang berac dan juga kelebihan lainnya yaitu waktu tempuh dari pelabuhan Marina Ancol ke Pulau Pari hanya sekitar 1,5 jam.

Pesona Tak Terbantahkan dari Pulau Pari

Sesampainya anda di Pulau Pari, anda akan disuguhkan dengan pemandangan sekitar Pulau yang begitu asri dan mempesona dengan pasir putih yang terhampar luas, serta air laut yang jernih dan berwarna kehijauan. Selain itu di pulau ini, anda bisa menikmati berbagai objek wisata yang ditawarkan. Salah satu objek wisata di Pulau Pari yang banyak sekali dikunjungi oleh wisatawan adalah Pantai Perawan Pulau Pari.

Salah satu objek wisata terkenal di Pulau Pari adalah Pantai Perawan dimana nama drai pantai tersebut juga memiliki sejarah tersendiri. Pantai Perawan bisa dibilang merupakan pantai yang belum begitu banyak terjamah oleh manusia. Pantai ini memiliki pasir putih yang bersih dan lembut dan air laut yang jernih dan menyegarkan yang seakan menambah pesona dari pantai ini. Kemudian sebagai salah satu daya tarik tambahan, pantai ini dikelilingi dengan hutan bakau yang berfungsi sebagai pencegah abrasi pantai. Jika anda ingin mengunjungi pantai ini, anda bisa juga menjelajahinya dengan menggunakan sampan yang tersedia di tepian pantai. Pengalaman menaiki sampan tersebut bisa menjadi salah satu pengalaman unik yang bisa anda rasakan jika berkunjung  ke Pulau Pari.

Selain itu, nama dari Pantai Perawan sendiri juga merupakan nama yang diberikan oleh penduduk sekitar yang mengacu pada sebuah kisah jaman dulu. Menurut beberapa sumber, nama Perawan sendiri bisa diberikan kepada pantai ini karena dulunya dikisahkan ada seorang gadis yang jatuh cinta kepada seorang nelayan di Pulau Pari. Keduanya lalu bersatu dan menjalin kisah percintaan mereka dengan penuh kebahagiaan. Suatu ketika tiba saatnya untuk sang nelayan harus pergi untuk melaut, dan si gadis denga berat hati melepaskan kepergiannya.selama kepergian si nelayan, si gadis dengan sabar menunggu waktu kembalinya si nelayan. Tetapi waktu yang ditunggu-tunggu tak kunjung datang. Si nelayan tak pernah kembali pulang, dan si gadis dengan setia tetap menanti sang pujaan hati untuk pulang di pantai yang ada di Pulau Pari sampai akhir hayatnya. Dari kisah tersebut, kemudian para penduduk setempat menjuluki pantai tempat gadis tersebut menunggu kekasihnya dengan nama Pantai Pasir Perawan.

Selain Pantai Pasir Perawan, masih banyak juga objek-objek wisata yang terkenal di Pulau Pari seperti Dermaga Bukit Matahari, Pantai Pesisir Kresek, dan masih banyak yang lainnya. Keindahan tersebut bukan hanya keindahan yang bisa anda lihat diamna saja, dan yang pasti sangat unik dan hanya bisa ditemukan di Pulau Pari. Jadi jangan sampai anda melewatkan kesempatan untuk berwisata ke pulau ini yaa.

Comments are closed.