Liburan di Pulau Seribu
Liburan di Pulau Seribu Lebih Seru dengan Membawa Barang ini
Juni 3, 2021
Show all

Mitos Pulau Seribu Ini akan Membuat Anda Merinding

mitos pulau seribu

Mitos Pulau Seribu memang selalu menarik untuk kita simak bersama, tapi bersiaplah untuk merinding setelah mendengarnya. Masyarakat Indonesia memang tidak bisa terlepas dari berbagai cerita mitos, termasuk di Kepulauan Seribu.

Kebanyakan orang mungkin hanya mengenal keindahan alam yang disuguhkan oleh Pulau Seribu, tapi siapa sangka jika ada cerita mistis di balik keindahan tersebut. Ada beberapa destinasi yang erat kaitannya dengan cerita mitos di bawah ini.

4 Cerita Mitos Pulau Seribu yang Paling Populer

Bagi masyarakat Indonesia, pasti kita tidak asing dengan berbagai cerita mitos yang masih dipercaya dan diyakini hingga sekarang. Hampir di setiap tempat memiliki kisahnya masing-masing, termasuk di Kepulauan Seribu ini.

Mendengar nama Kepulauan Seribu, kita pasti langsung membayangkan keindahan alam dan keasrian yang dimilikinya. Kebanyakan orang memang mengenal Pulau Seribu sebagai salah satu destinasi wisata alami yang mempesona.

Siapa sangka di balik keindahan alam tersebut, ada beberapa cerita mistis yang sangat menarik untuk kita simak bersama. Masih banyak masyarakat setempat mempercayai mitos yang beredar di sekitar pulau tersebut.

Bahkan, sebagian wisatawan juga meyakini adanya cerita mistis di beberapa destinasi di Kepulauan Seribu. Beberapa di antaranya bahwa merasakan sendiri kebenaran dari cerita mitos tersebut meski belum bisa dipastikan lebih lanjut.

Meskipun ada beberapa cerita mitos Pulau Seribu yang membuat merinding, tapi tidak membuat wisatawan mengurungkan niat untuk liburan ke pulau yang indah ini. Justru, dengan adanya mitos tersebut semakin banyak wisatawan yang penasaran.

Sebenarnya, Kepulauan Seribu menyimpan banyak cerita mitos yang menarik untuk kita simak. Namun, dalam artikel ini, kita akan membahas tentang beberapa cerita mitos yang paling populer di tengah masyarakat.

  1. Mitos Jembatan Cinta Pulau Tidung

Mitos yang pertama berasal dari Pulau Tidung atau tepatnya tentang jembatan cinta yang sering dijadikan spot foto para wisatawan. Pulau Tidung menjadi salah satu destinasi Kepulauan Seribu yang terkenal karena keindahan alam yang dimilikinya.

Alam bawah laut di pulau ini juga sangat mempesona sehingga sering dijadikan pilihan bagi para pecinta diving atau snorkeling. Banyak wisatawan yang terhipnotis dengan keindahan alam, udara yang masih segar dan daya tarik lainnya.

Jika Anda berkunjung ke Pulau Tidung, tidak lengkap rasanya jika tidak mengabadikan momen di jembatan cinta. Spot foto yang satu ini sering kali menjadi alasan mengapa banyak wisatawan memilih Pulau Tidung untuk berlibur.

Berbicara tentang jembatan cinta, maka Anda akan dihadapkan pada dua mitos yang diyakini masyarakat. Mitos Pulau Seribu pertama mengatakan jika Anda melompat ke laut di bawah jembatan, maka pikiran kotor dan buruk akan hilang bersamanya.

Itulah mengapa banyak wisatawan yang melompat dari jembatan cinta ini, tapi Anda tetap harus memperhatikan kesehatan, apalagi jika tidak bisa berenang. Selain itu, masih ada cerita mitos kedua yang beredar tentang jembatan cinta.

Mitos tersebut mengungkapkan bahwa saat kita menyeberangi jembatan dengan pasangan, maka hubungan bisa langgeng atau bahkan kandas. Hal ini menjadi alasan banyak wisatawan yang menyeberangi jembatan cinta bersama pasangan.

  1. Mitos Pohon Tua Pulau Bidadari

Mitos Pulau Seribu tidak hanya berasal dari Pulau Tidung, Anda juga akan mendengar mitos dari Pulau Bidadari. Pulau ini juga memiliki keindahan alam yang begitu menakjubkan sehingga menjadi destinasi tujuan para wisatawan.

Meski pulau ini tidak seramai Pulau Tidung, tapi Anda bisa mendapatkan banyak daya tarik dari Pulau Bidadari. Salah satunya adalah adanya tanaman langka dan pohon yang sudah berusia tua hingga tinggi, rimbun dan besar.

Bukan hanya satu pohon tua yang bisa Anda jumpai di sini, tapi ada dua pohon yang berkaitan dengan cerita mitos masyarakat, yaitu pohon jodoh dan pohon rezeki. Kedua pohon tersebut dipercaya mampu membawa kebaikan bagi masyarakat.

Banyak wisatawan yang datang berkunjung karena merasa penasaran dengan keberadaan kedua pohon tua berikut dengan kebenaran dari mitos tersebut. Masih banyak orang yang mempercayai mitos ini, bahkan sampai sekarang.

Tidak heran jika kemudian banyak wisatawan yang mencoba untuk membuktikan kebenaran tersebut. Pohon rezeki dipercaya mampu melancarkan dan mendatangkan rezeki seseorang apabila mereka menyentuh sambil berfoto.

Mitos Pulau Seribu yang lainnya adalah berkaitan dengan pohon jodoh. Masyarakat percaya bahwa pohon tersebut mampu mendekatkan jodoh dengan menyentuh sambil berfoto bersama pasangan.

baca juga  : Eksplor Pulau Bidadari; Pulau Indah Menawan Dekat Jakarta

  1. Mitos Ujung Pulau Tidung Kecil

Mitos lain yang tidak kalah menarik untuk kita simak bersama adalah berkaitan dengan Pulau Tidung Kecil. Pulau Tidung terdiri dari Pulau Tidung Kecil dan Pulau Tidung Besar dengan keunikan yang berbeda.

Sebelumnya, kita sudah membahas tentang mitos Pulau Seribu berupa jembatan cinta Pulau Tidung Besar. Tapi, ternyata tidak hanya di pulau yang besar, Anda juga bisa menjumpai kisah mitos dari Pulau Tidung Kecil yang membuat merinding.

Kisah para wisatawan yang berkaitan tentang hal-hal ghaib bermunculan, misalnya dengan penampakan. Ia mengaku telah melihat penampakan dua sosok tinggi besar yang berdiri di ujung pulau, yaitu sosok laki-laki dan perempuan.

Bukan hanya satu orang yang mengungkapkan kisahnya itu, tapi ada wisatawan lain yang juga melihat penampakan di Pulau Tidung Kecil. Menurutnya, sosok tersebut memiliki tubuh yang tinggi, besar, hitam dan menyeramkan.

Mitos Pulau Seribu ini semakin tersebar dengan adanya cerita seorang wisatawan yang menelusuri Pulau Tidung di malam hari. Tanpa disadari, wisatawan tersebut justru tersasar dan hanya berputar-putar di suatu tempat.

Wisatawan lain juga berbagi kisah bahwa ia pernah melihat sosok laki-laki mengenakan baju putih panjang. Suasana pulau ini semakin menyeramkan dengan adanya deretan makam dan dikelilingi hutan mangrove.

  1. Mitos Pantai Perawan Pulau Pari

Mitos Pulau Seribu lain yang tidak kalah menyeramkan adalah mitos pantai perawan di Pulau Pari. Pantai Perawan menjadi salah satu destinasi favorit bagi wisatawan yang berkunjung ke Pulau Pari karena keindahan alam yang dimilikinya.

Di balik keindahan alamnya, Pantai Perawan ini memiliki kisah mitos di mana dulunya ada seorang anak perempuan yang hilang di pantai. Pasalnya, anak tersebut tidak bisa ditemukan hingga sekarang dan alasan menghilangnya masih jadi misteri.

Ada beberapa alasan yang diyakini oleh masyarakat setempat hingga sekarang, seperti karena anak tersebut dikerubungi dan dibawa oleh gagak, hilang karena dibawa makhluk halus dan lain sebagainya.

Beberapa wisatawan juga mengatakan jika mereka melihat sosok anak yang berusia sama dengan anak perempuan yang pernah hilang. Meski mitos ini memberikan kesan menyeramkan tapi masih banyak juga wisatawan yang datang berkunjung.

Dulunya, pantai perawan merupakan pantai yang jarang dikunjungi. Sehingga lingkungannya masih terjaga dengan baik dan tentunya masih alami.

Jadi, tidak ada ruginya Anda berkunjung ke salah satu pulau terbaik di Kepulauan Seribu. Bagi Anda yang penasaran ingin berkunjung langsung ke Pulau Seribu, langsung saja hubungi kami di (021) 294-61-292.

Kami, Pulau Seribu Traveling siap membantu Anda untuk membuat agenda liburan ke Pulau Seribu sekaligus membuktikan sendiri mitos Pulau Seribu.

Comments are closed.