Eksplor Pulau Bidadari; Pulau Indah Menawan Dekat Jakarta

Pesona Keindahan dan Sejarah Pulau Pramuka
September 27, 2017
7 Tempat Wisata Terbaik di Gianyar, Pulau Bali
October 3, 2017

Eksplor Pulau Bidadari; Pulau Indah Menawan Dekat Jakarta

Di Kabupaten Kepulauan Seribu, Anda bisa menemukan tempat menawan bernama Pulau Bidadari. Dulu, pulau ini disebut dengan nama Pulau Sakit karena di abad 17 Belanda membangun rumah sakit yang sekarang sudah tidak ada lagi. Di pulau ini, Anda bisa menemukan ikon wisata yang terkenal, yaitu pondoknya. Pulau ini memiliki cottage atau pondok di atas tanah dan air (apung). Pulau Bidadari juga memiliki pemandangan yang indah dan nuansa penuh kedamaian. Belum lagi pulau ini merupakan pulau terdekat dari Jakarta. Sehingga banyak wisatawan yang datang ke pulau ini.

Nuansa Damai dan Indah di Pulau Bidadari

Pulau Bidadari adalah bagian pulau yang memiliki keindahan alam yang sangat luar biasa, pepohonan yang rindang dan hijau, pantai dengan pasir putih yang indah dan air yang jernih membuat pulau ini terkenal di antara pulau wisata lainnya di Kepulauan Seribu. Kata “bidadari” yang berasal dari bahasa Indonesia dan berarti malaikat sedikit banyak menggambarkan keindahan pulau yang seperti tempat para malaikat bersemayam. Pulau ini juga cocok untuk para penyelam dan snorkel yang ingin menikmati panorama bawah laut.

Sebagian besar wisatawan senang datang kesini karena mereka bisa melihat air berwarna biru dan hijau toska yang sangat jernih dengan ombak yang kecil. Anda dapat menikmati keindahan alamnya, nuansa damainya dan pasti merasa sangat senang untuk menikmati segalanya di pulau ini. Kadang Anda akan melihat para wisatawan bersantai, menyelam dan snorkeling di sekitar pulau. Jika Anda ingin menghabiskan liburan Anda di tempat yang damai, Pulau Bidadari merupakan pilihan tepat.

Untuk membuat waktu Anda semakin berharga, cobalah untuk melakukan snorkeling. Anda bisa melihat kehidupan bawah air yang sangat memukau, melihat terumbu karang dan kehidupan laut dengan ikan berwarna-warni dengan dasar pasir yang putih. Jika Anda menyelam lebih dalam, Anda bisa bertemu dengan binatang laut lainnya. Snorkeling adalah pengalaman terbaik Anda di pulau Bidadari yang masih terjaga alami ini. Anda pasti akan ketagihan untuk melakukan snorkeling lagi dan lagi. Pasti.

Selain menyelam dan snorkeling, Anda tetap bisa melakukan aktivitas air lainnya, seperti olahraga air misal jet ski atau banana boat. Dijamin, Anda tidak akan merasa jenuh atau kehabisan ide untuk melakukan sesuatu di pulau ini karena semuanya terasa sangat menyenangkan bahkan ketika Anda hanya berdiam diri di pondok apung, bersepeda atau jalan kaki merasakan nuansa damai dengan udara yang begitu bersih dan sejuk di sini.

Menjelajahi Pulau Bidadari

Tidak terlalu banyak jumlah pohon atau tanaman di sana tapi cukup untuk membuat pulau ini teduh dan menenangkan. Hal ini karena Pulau Bidadari memiliki ukuran yang kecil. Dengan luas hanya enam hektare, Pulau Bidadari adalah sebuah pulau kecil namun menawarkan keindahan yang menakjubkan. Karena keindahan alamnya serta tempat-tempat bersejarahnya, Pulau Bidadari saat ini sedang berkembang sebagai salah satu daerah tujuan wisata paling diminati. Pantai di pulau ini juga menampilkan pasir laut yang indah, putih, pasir, dan jernih.

Selain itu, Pulau Bidadari memiliki benteng tua yang menjadi ikon pulau. Benteng tersebut dikenal dengan nama Benteng Martello atau Martello Fort. Cukup banyak pengunjung yang tertarik untuk melihat Martello Fort. Benteng Martello ini bahkan menarik lebih banyak pengunjung dari waktu ke waktu. Ini karena sejarah bangunan tersebut yang merupakan struktur penting di abad ke-17 dimana benteng tersebut dijadikan tempat pertahanan.

Karena popularitasnya, kin Benteng Martello ini juga sering dijadikan background dari aktivitas fotografi. Anda bisa menemukan beberapa fotografer di sana. Selain memotret, Anda bisa melakukan hal lain seperti menyelam, berenang, dan snorkeling karena air lautnya yang jernih, indah dan tenang. Kegiatan populer lainnya adalah hopping island atau menjelajahi pulau lainnya. Orang juga menyebutnya 3 Pulau Pelayaran karena di sekitar Pulau Bidadari, ada Pulau Kelor, Khayangan, dan pulau Onrust.

Selain sebuah benteng bersejarah, Pulau Bidadari memiliki pemandangan pantai yang menakjubkan. Di pantai, Anda bisa duduk dan menyaksikan beberapa kapal. Kapal-kapal itu bolak-balik dan sangat menarik. Anda juga bisa menikmati nuansa di garis pantai. Angin sepoi-sepoi membuat Anda santai, pasti. Ini akan membuat waktu Anda di pulau ini semakin berjalan lambat atau sangat cepat karena Anda tidak terasa dan terlalu dalam menikmatinya.

Anda harus benar-benar menjelajahi sekitar pulau dan pantainya termasuk pemandangan bawah lautnya jika tidak ingin menyesal. Bahkan, di pagi, siang, sore dan malam hari merupakan waktu yang sangat tepat untuk menjelajahi pulau cantik ini. Di malam hari contohnya, Anda bisa melihat pemandangan indah kota Jakarta dengan lampu kelap-kelip, duduk di pinggir pantai bersama teman atau keluarga sambil BBQ atau bakar-bakar ikan, cumi dan jagung.

Selanjutnya, ada hal unik lainnya di pulau ini yakni adanya patung yang dijuluki “Tanduk Tujuh Belas”. Patung ini sebenarnya adalah patung rusa. Bagian atas tubuh adalah rusa dan bagian bawahnya adalah ikan. Ini adalah sosok yang unik. Seperti namanya, patung tersebut memiliki 17 tanduk. Warnanya putih dan memiliki pose yang menarik. Wisatawan sering menjadikannya sebagai latar belakang atau objek fotografi. Selanjutnya, ada beberapa tanaman langka. Ini adalah kesempatan untuk menyaksikan flora unik tersebut secara langsung.

Setelah Anda menjelajahi berbagai bagian pulau, jangan lupakan waktu untuk makan. Ada restoran tradisional di Pulau Bidadari. Kuliner yang paling terkenal adalah Gepuk Skewer. Masakan ini terbuat dari ikan tuna makarel. Bila menyangkut rasa, rasanya pedas dan gurih. Makanan lokal lainnya adalah cumi tumis, pastel ikan, kue ikan talam, dan masih banyak lagi. Pastikan Anda mencoba semuanya.

Bagaimana Menuju Ke Pulau Bidadari

Titik keberangkatan utama ke Pulau Bidadari ada di Marina Ancol dimana di sini juga merupakan tempat infromasi lebih lanjut mengenai pengaturan perjalanan wisata ke Pulau Bidadari dapat Anda temukan dengan mudah. Anda bisa sampai di Pulau Bidadari sekitar 30-45 menit dari dermaga 17 Marina Jaya Ancol, dengan speedboat kecil atau feri.

Ada banyak jenis kapal yang tersedia untuk sampai ke Pulau Bidadari. Yang paling umum adalah perahu kayu. Beberapa wisatawan memilih perahu Kerapu. Juga, ada beberapa speedboat. Speedboat dianggap paling cepat. Nah, pertama, Anda harus menuju ke Pelabuhan Muara Angke. Sebagai alternatif, ada Marina Ancol dan Pelabuhan Muara Kamal. Waktu terbaik untuk berangkat adalah di pagi hari. Atmosfernya sejuk dan Anda bahkan bisa melihat matahari terbit.

KM Kerapu, adalah perusahaan feri yang sangat terkenal dan digunakan oleh sebagian besar wisatawan ke dan dari pulau-pulau lainnya di Kepulauan Seribu. Mereka memiliki speedboat yang bisa menampung 25 orang, sementara pilihan lain adalah dengan menggunakan kapal tradisional yang mereka tawarkan dengan kapasitas maksimal 100 orang. Harga tiketnya Rp 32.000 per orang. (Ini tidak termasuk tiket masuk ke daerah Ancol.) Ada keberangkatan tiap harinya dari Marina Ancol pukul 8 – 9 am. Dan kembali, antara 1: 30 – 2 pm

Comments are closed.