Pilihan Wisata di Bogor yang Pas untuk Liburan Keluarga

Suku Osing Banyuwangi
Fakta Seputar Suku Osing Banyuwangi yang Menarik Untuk Diketahui
May 18, 2020
Show all

Pilihan Wisata di Bogor yang Pas untuk Liburan Keluarga

wisata di Bogor

Ada begitu banyak wisata di Bogor yang ternyata menarik untuk dikunjungi. Beberapa waktu ini, Kota Bogor memang mengusung sejumlah destinasi wisata baru yang hits dan membuat banyak wisatawan penasaran untuk berkunjung kesana. Kawasan Puncak yang memang menjadi magnet bagi para wisatawan pun menjadi lokasi dengan banyak destinasi wisata baru yang wajib untuk dikunjungi.

Sederetan tempat wisata, seperti Rumah Pohon Pabangbon, Ranggon Hills, Puncak Mustika Manik, dan lain sebagainya pun juga hadir dan menjadi wisata populer yang kini banyak dikunjungi oleh wisatawan. Bagi Anda warga Jakarta, dibanding harus jauh-jauh mencari lokasi untuk traveling, mengapa tak memilih Bogor? Berikut destinasi wisata di Kota Bogor yang cocok untuk berlibur bersama keluarga.

Gunung Pancar, Wisata Keluarga di Bogor yang Harus Anda Kunjungi

Wisata di Bogor yang cukup favorit ini lokasinya berada di Sentul, Bogor. Apalagi selain menawarkan pemandangan indah, destinasi ini juga telah dilengkapi dengan berbagai fasilitas yang menyenangkan. Sehingga sangat cocok dijadikan sebagai tujuan liburan dengan orang orang terdekat seperti pasangan, keluarga dan teman. Alamat wisata alam yang sangat mempesona ini berada di Desa Karang Tengah, masuk dalam kecamatan Babakan Madang.

Jika Anda sedang berada di kabupaten Bogor, wisata ini bisa Anda kunjungi. Bila dari pusat Kota Bogor, Anda bisa melalui Jl. MH Tamrin sekitar 23 Km dengan perkiraan waktu tempuh 43 menit jika tidak ada kendala. Gunung Pancar merupakan sebuah kawasan dataran tinggi pegunungan yang berlokasi di Sentul. Kawasan Gunung ini mempunyai karakteristik yang hampir sama dengan wisata Gunung Puntang di Bandung.

Meskipun tergolong tidak terlalu tinggi namun udara di kawasan wisata di Bogor ini terbilang cukup bersih dan segar. Kawasannya sendiri masih termasuk dalam Perum Perhutani, sehingga tak heran jika kelestarian alam di tempat wisata Bogor ini cukup terjaga. Karena kealamiannya tersebutlah yang membuat para wisatawan dari kota-kota besar yang sudah bosan dengan panas dan ramainya perkotaan, sering melirik wisata alam seperti gunung ini.

Masyarakat lokal mempercayai Gunung ini sebagai pondasi bumi yang pertama kali dibuat. Konon, saat bumi diciptakan, belum ada yang namanya gunung. Oleh karena itu, sering terjadi gempa di bumi. Melihat tidak stabilnya keadaan bumi, maka kemudian diciptakanlah gunung sebagai pasak atau pondasi agar bumi lebih tenang. Hal Inilah yang menjadi sebab mengapa gunung ini kemudian dikenal dengan nama “Pancar”, yang mempunyai arti “muncul yang pertama”.

Indahnya Menikmati Pemandangan dari Bukit Alesano Bogor

Wisata di Bogor menawarkan panorama yang begitu indah. Pemandangan khas perbukitan, suhu udara yang sejuk tentu membuat para wisatawan betah berlama-lama di kawasan wisata ini. Bagi Anda yang ingin camping atau bermalam di sana tentu tidak akan rugi menghabiskan malam di bukit hits yang namanya sedang populer akhir-akhir ini. Bagi Anda yang menyukai aktivitas di alam bebas, lokasi ini sangat cocok Anda jadikan tujuan camping Anda di akhir pekan.

Bagi Anda yang penasaran dengan lokasi bukti ini. Bukit ini berada di kawasan Desa Cipelang, Kecamatan Cijeruk, Kabupaten Bogor, Provinsi Jawa Barat. Objek wisata ini terletak tidak jauh dari Balai Embrio Ternak yang dekat dengan Kampung Pasir, Kecamatan Cijeruk. Jika Anda bertolak dari Kota Bogor, maka Anda memerlukan waktu tempuh sekitar 1 jam perjalanan.

Bagi Anda yang suka sekali dengan kegiatan di alam bebas, maka Anda harus mencoba untuk datang ke bukit ini dan melakukan glamping atau aktivitas berkemah. Lokasi awal yang semula adalah bekas peternakan dan perkebunan ini, kini sudah disulap menjadi tempat untuk berkemah dengan tawaran bisa menikmati malam yang indah dari puncak bukit ini. Dijamin malam Anda akan terasa sangat indah dan tidak pernah terlupakan seumur hidup.

Mengunjungi wisata di Bogor ini, Anda juga akan dikenai biaya tiket masuk sebesar Rp10.000 per orang. Selain itu, Anda juga akan dikenakan biaya parkir kendaraan Rp10.000 per-motor. Sedangkan, bagi Anda yang ingin mendirikan tenda camping di sana. Anda akan dikenakan biaya sebesar Rp15.000 per-orang. Jadi, jika di total jumlah keseluruhannya adalah Anda memerlukan untuk membayar uang sebesar Rp 35.000 per-orang.

Keindahan Tersembunyi di Curug Ciburial Bogor yang Harus Anda Intip

Ciburial sendiri dalam bahasa sunda diartikan sebagai air yang keluar dari bawah. Kenapa curug ini diberi nama Ciburial? Karena Curug tersebut terkenal akan keindahan airnya yang jatuh dari ketinggian dan muncul kembali ke permukaan dalam bentuk gelombang. Pelancong yang datang ke tempat ini terbilang belum banyak, karena akses yang lumayan sulit dilalui bagi orang biasa.

Kawasan wisata di Bogor ini tak jauh dari Jakarta. Namun, akses yang akan di tempuh untuk menuju lokasi belum diaspal dan berbatu sehingga terbilang sulit. Sangat disarankan untuk menggunakan roda dua atau motor trail agar Anda tidak mengalami kesulitan. Meskipun begitu, kesulitan yang Anda temui saat di perjalanan akan terbayarkan sesampainya di lokasi.

Karakteristik khas dari Curug Ciburial Bogor tampak dari adanya dua aliran air terjun dengan debit air dan tinggi tebing yang berbeda. Air terjun pertama ialah aliran air terjun yang mempunyai debit air cukup besar. Sedangkan debit air yang dimiliki oleh aliran kedua yang berada di sebelah kanan lebih kecil, namun alirannya berasal dari sumber mata air yang langsung dapat diminum airnya.

Di kawasan Curug ini juga terdapat kolam penampungan air yang bisa Anda gunakan untuk bermain air maupun berenang dan berendam. Air milik Curug yang ada di Bogor sangatlah jernih, sehingga dapat memberi sensasi yang menyegarkan pada tubuh Anda. Bagi Anda yang ingin menghilangkan penat dan menyepi, maka berwisata ke Curug ini menjadi pilihan yang sangat tepat.

Keasrian Tersembunyi Goa Garunggang di Bogor

Salah satu wisata di Bogor t dengan keindahan yang luar biasa tetapi belum banyak di ketahui khalayak ramai adalah Goa Agung Garunggang atau yang juga biasa disebut dengan Gua Garunggang saja. Karena belum banyak yang tahu, tempat ini tak hanya cantik tetapi panorama alam yang tersaji pun juga asri dan masih alami. Apalagi mengingat bahwa lokasinya tidak jauh-jauh dari Ibu Kota, Jakarta.

Gua Agung Garunggang ini berlokasi di Cigobang, Desa Karang Tengah, Kecamatan Babakan Madang, Sentul, Bogor. Jika Anda yang ingin menuju kawasan wisata ini disarankan untuk mengendarai motor saja, karena akses jalan yang akan ditempuh terbilang masih sulit. Tapi jika memang terpaksa menggunakan roda empat, maka dari parkiran ke tempat tiket Anda akan berjalan kaki sekitar 1,5 meter. Lalu masih harus melanjutkan perjalanan lagi sejauh 2 kilometer menuju lokasi Goa Garunggang.

Gua Garunggung menawarkan keunikan yang hanya bisa Anda temukan di sini. Mulai dari depan, Anda akan di sambut pintu masuk yang menganga secara vertikal. Pengelola wisata ini menyediakan anak tangga untuk mempermudah jalan pengunjung saat masuk. Sebenarnya wisata di Bogor ini memiliki 4 buah goa, namun hanya satu goa saja yang dapat di telusuri dan itupun harus dengan dampingan guide.

Goa yang terbilang cukup sempit dan gelap ini konon adalah jalur air dan merupakan rangkaian goa yang saling terhubung satu sama lain hingga ke Tasik. Tidak membutuhkan waktu yang lama untuk menelusuri goa ini, karena terdapat celah sempit pada bagian ujung goa yang memang jarang di jamah atau di telusuri. Menurut cerita, lokasi di dalam celah tersebut cukup berbahaya, sehingga para pengunjung disarankan untuk tidak memasukinya.

Ternyata, ada begitu banyak pilihan destinasi wisata di Kota Bogor yang tidak kita duga bukan? Berbagai wisata ini bisa Anda jadikan list liburan saat tahun baru atau pun momen liburan nanti. Pilih wisata yang sesuai dengan budget dan menyenangkan untuk keluarga. Semoga informasi wisata di Bogor di atas dapat membantu Anda.

Comments are closed.