Referensi Wisata Kuliner di Banyuwangi Dijamin Bikin Nagih

wisata di Bogor
Pilihan Wisata di Bogor yang Pas untuk Liburan Keluarga
May 23, 2020
Wisata ramah anak Bali
Wisata Ramah Anak Bali yang Bikin Anda Ketagihan
July 29, 2020
Show all

Referensi Wisata Kuliner di Banyuwangi Dijamin Bikin Nagih

wisata kuliner di Banyuwangi

Jika Anda berkunjung ke Banyuwangi jangan lupa untuk melakukan wisata kuliner di Banyuwangi. Hal ini karena kuliner Banyuwangi sangat terkenal dengan berbagai kuliner khas yang bisa memanjakan lidah Anda. Apalagi kuliner Banyuwangi juga terkenal dengan rasa pedasnya. Cocok banget bagi Anda yang menyukai rasa pedas di setiap masakan.

Indonesia memang terkenal sebagai negara yang terdiri dari banyak pulau dengan kuliner yang beraneka ragam. Setiap daerah memiliki ciri khas masakan yang berbeda-beda baik dari menu hingga bumbu rempah yang digunakan. Bahkan masakan khas daerah juga sangat banyak. Jadi kalau digabungkan pasti ada ribuan masakan yang berbeda dari seluruh Nusantara.

Banyuwangi merupakan salah satu Kabupaten di Jawa Timur yang pariwisatanya sedang berkembang pesat. Tidak hanya destinasi wisata saja yang diburu oleh para wisatawan baik lokal maupun internasional. Namun banyak sekali wisatawan yang berkunjung untuk melakukan wisata kuliner di Banyuwangi. Mereka tertarik dengan makanan khas yang cuma ada di kota Gandrung.

Sebenarnya kuliner yang ada di Banyuwangi sangat banyak dan beragam. Dari jajanan khasnya, makanan berat hingga makanan ringan. Kota ini juga terkenal sebagai penghasil buah naga yang besar di Jawa Timur. Beberapa kuliner khas di Banyuwangi akan diuraikan secara singkat dibawah ini termasuk resepnya juga.

Kuliner Khas Banyuwangi – Sego Tempong

Datang ke Banyuwangi rasanya kurang puas jika Anda tidak mencoba salah satu makanan khas. Melakukan wisata kuliner di Banyuwangi banyak pilihan makanan yang bisa dicoba. Namun Anda wajib mencoba sego tempong khas Banyuwangi. Makanan sederhana dengan sambel yang sangat pedas cocok untuk Anda yang menyukai sambal.

Sambel tempong terbuat dari cabai rawit, tomat ranti, terasi, jeruk sambal, gula dan garam secukupnya. Cara membuatnya cukup mudah, semua bahan tidak perlu dimasak terlebih dahulu. Cuma terasi saja yang harus digoreng atau dibakar. Lalu ulek semua bahan menjadi satu. Makan bersama sayuran, ikan asin, tahu, tempe dan timun.

Ada beberapa rumah makan yang terkenal menyediakan sego tempong terenak di Banyuwangi. Sego tempong mbok Wah yang paling legendaris, berlokasi di jalan Gembrung No. 220 Bakungan, Glagah Banyuwangi. Untuk harganya cukup murah per porsi mulai dari Rp. 15.000,-. Siapkan diri Anda ketika ingin mencoba kuliner yang satu ini dijamin nampol.

Wisata kuliner di Banyuwangi tidak seru kalau hanya mencoba satu tempat. Ada lagi yang terkenal yaitu sego tempong mbok Nah. Sambelnya tidak kalah nampolnya seperti mbok Wah, satu porsi kenyang mulai dari Rp. 10.000,-. Lokasinya ada di pinggir jalan raya besar jadi mudah ditemukan tepatnya Jl. Kolonel Sugiono Kertosari Banyuwangi.

Kuliner Khas Banyuwangi – Ayam Kesrut

Jika Anda melakukan wisata kuliner di Banyuwangi direkomendasikan untuk mencoba kuliner ayam kesrut. Ayam kesrut atau uyah asem merupakan makanan khas suku Osing yang ada di Banyuwangi. Sesuai dengan namanya masakan ini berbahan dasar ayam kampung. Dimasak dengan bumbu-bumbu sederhana dan tetap mengutamakan rasa pedas yang menggoda.

Membuat ayam kesrut sangatlah mudah karena semua bahan dan bumbu mudah ditemukan. Bahan dan bumbu ayam kesrut terdiri dari:

  • Ayam kampung muda
  • Cabai rawit
  • Cabai merah besar
  • Bawang merah
  • Bawang putih
  • Terasi
  • Belimbing wuluh
  • Garam
  • Gula
  • Penyedap rasa

Cara membuatnya cuci ayam hingga bersih lalu rebus ayam tersebut hingga sedikit empuk, karena kalau terlalu empuk jadi tidak enak. Haluskan semua bumbu kemudian tumis hingga harum. Masukkan ayam rebusan, belimbing wuluh dan penyedap rasa. Sajikan saat masih hangat dimakan bersama nasi hangat juga maka akan terasa sangat nikmat.

Mencari makanan ini saat Anda wisata kuliner di Banyuwangi tidaklah sulit. Sudah banyak hotel, rumah makan dan warung-warung yang menyediakan menu ayam kesrut. Rekomendasi ayam kesrut enak yang ada di Banyuwangi yaitu di Ayam Kesrut Kanggo Riko. Beralamat di Karangsari, Segobang, Licin, buka mulai dari pukul 08.00 setiap harinya.

Kuliner Khas Banyuwangi – Pecel Pithik

Ketika Anda wisata kuliner di Banyuwangi siapkan perut karena akan ada banyak makanan khas yang menarik untuk dicoba. Salah satu kuliner tradisional khas suku Osing Banyuwangi yaitu pecel phitik. Dulunya makanan ini dibuat ketika acara-acara khusus, misal pada saat hari besar, selamatan adat, atau pada saat ada tamu khusus.

Namun saat ini jika Anda ingin mencoba makanan ini bisa mudah ditemukan, karena sudah banyak penjualnya terutama di Banyangi kota. Bahan utama tetaplah ayam kampung yang dipanggang kemudian dikasih bumbu kelapa. Ayam dipanggang secara tradisional sehingga aromanya masih khas dan ada sedikit rasa gosong, yang memberikan sensasi makanan berbeda.

Membuat pecel phitik bisa Anda lakukan dirumah karena bumbu dan bahan mudah ditemukan. Bahan dan bumbu pecel phitik:

  • Ayam kampung dipanggang

Bumbu Pecel

  • Kelapa parut
  • Bawang putih
  • Bawang merah
  • Kacang tanah disangrai
  • Kencur
  • Terasi bakar
  • Cabai rawit
  • Daun jeruk

Ulek semua bumbu pecel menjadi satu jangan lupa tambahkan garam dan gula secukupnya. Lalu campurkan semua bumbu dengan kelapa parut, urap hingga merata. Kemudian masukkan ayam yang sudah dipanggang. Jika Anda penasaran bagaimana rasanya, bisa mencoba wisata kuliner di Banyuwangi dan temukan makanan khas kota Gandrung pecel phitik.

Kuliner Khas Banyuwangi – Rujak Soto

Bagi Anda ingin wisata kuliner di Banyuwangi dan bingung mencari referensi maka bisa mencoba Rujak Soto. Mungkin terdengar aneh ya kuliner yang satu ini karena biasanya rujak sendiri dan soto sendiri. Namun di Banyuwangi kedua makanan ini digabungkan, sehingga memberikan sensasi rasa yang berbeda dari rujak dan soto pada umumnya.

Cara membuat rujak dan soto sama pada seperti biasanya. Anda hanya perlu mencampurkan kedua makanan ini kedalam satu wadah. Biasanya ditambah dengan babat yang akan semakin melezatkan. Harga kuliner yang satu ini cukup murah mulai harga Rp 13.000,-. Satu porsi isinya sangat banyak jadi dijamin Anda pasti akan kenyang.

Untuk Anda yang suka wisata kuliner mencari makanan pedas tidak perlu khawatir. Karena level pedasnya rujak soto bisa And atur sesuai dengan keinginan. Rujak biasanya dibuat sesuai dengan pesanan jadi lebih fresh. Anda bisa request jumlah cabai dalam satu porsi rujak, jika ingin pedas tinggal tambahkan cabai banyak.

Beberapa rekomendasi tempat kuliner rujak soto di Banyuwangi.

  1. Rujak soto Bu Sum beralamat di JL. Letjen di Panjaitan No. 24 Kampung Mandar Banyuwangi.
  2. Warung rujak soto mbak Mus beralamat di jl. Jember Kalirejo, Kabat Banyuwangi.
  3. Pondok rujak soto beralamat di Jl. Basuki Rahmat No. 113 Singotrunan Banyuwangi.

Melakukan perjalanan wisata dengan mengunjungi tempat-tempat yang menarik, unik bahkan hits tidak akan menjadi seru tanpa mencoba kuliner di daerah tersebut. Seperti kuliner khas Banyuwangi seperti sego tempong, ayam kesrut, pecel phitik dan rujak soto. Masih banyak kuliner lain yang bisa Anda coba jika wisata kuliner di Banyuwangi.

Comments are closed.