Baca Ini  Dulu Sebelum Berlibur Ke Pulau Tidung

Snorkeling di Pulau Tidung; Pengalaman Terindah dalam Hidup
May 9, 2017
Wisata sehari ke Pulau Tidung
August 3, 2017
Show all

Baca Ini  Dulu Sebelum Berlibur Ke Pulau Tidung

Bila berbicara tentang wisata pantai yang terlintas dalam benak kebanyakan orang pasti adalah Pulau Bali, Lombok, atau Bangka Belitung. Tetapi ternyata di dekat Jakarta ada wisata bahari yang tak kalah cantik yaitu Pulau Tidung. Pulau ini merupakan bagian dari kawasan Kepulauan Seribu dan di antara gugusan pulau-pulau kecil lainnya, Pulau Tidung adalah yang paling besar serta mempunyai penduduk terbanyak. Inilah solusi bagi Anda warga Jakarta dan sekitarnya yang berniat untuk berwisata bahari tetapi hanya mempunyai waktu singkat untuk berlibur atau tak menyediakan dana terlalu besar untuk menyalurkan hobby berwisata Anda. Simak ulasannya.

Yang penting untuk diketahui tentang Pulau Tidung

Inilah beberapa hal penting yang harus Anda ketahui tentang obyek wisata Pulau Tidung terutama bagi para wisatawan yang baru pertama kali ke destinasi wisata tersebut sebelum melancong akhir pekan ini.

 

Lokasi Pulau Tidung

Pulau wisata yang menjadi icon Kepulauan Seribu ini terletak tepat di sebelah selatan kawasan yang terdiri dari gugusan pulau-pulau kecil tersebut. Pulau Pari adalah pulau yang paling dekat dengan Pulau Tidung. Ada dua jenis alat transportasi yang bisa Anda pilih untuk mengakses obyek wisata tersebut, yaitu perahu motor cepat (speedboat), dan kapal feri regular. Wisatawan bisa berangkat dari Dermaga Pelelangan Ikan Muara Angke bagi Anda yang ingin menumpang kapal feri, sementara bagi yang ingin menumpang speedboat tempat pemberangkatannya adalah Dermaga Marina Ancol.

Untuk harga tiket kapal penyeberangan lebih murah daripada speedboat tetapi diperlukan waktu tempuh yang lebih lama  yaitu sekitar 3 jam. Dengan speedboat Anda bisa sampai lebih cepat tetapi harga tiketnya lebih mahal dan Anda juga masih harus membayar tiket masuk ke kawasan wisata Ancol. Ada pula faktor cuaca yang berpengaruh terhadap lama perjalanan Anda. Bila angin terlalu kencang kapal yang menyeberang harus berlayar lebih perlahan.

 

Pulau Tidung Kecil

 

Di destinasi wisata Pulau Tidung ada tempat yang dinamakan Pulau Tidung Kecil. Pulau kecil ini dapat dicapai dengan melintasi Jembatan Cinta yang panjangnya sekitar 800 m. Berbeda dengan Pulau Tidung Besar yang ramai, di Tidung Kecil ini tak ada penduduk yang tinggal. Tempat ini adalah lokasi budidaya tanaman Mangrove, selain itu penduduk setempat juga menanam pohon sukun di tempat ini. Di Pulau Tidung kecil ada sebuah makam tua yang konon merupakan peristirahatan terakhir orang yang menemukan tempat ini. Para wisatawan umumnya hanya singgah di sini.

 

Penginapan di Pulau Tidung

Tidak ada hotel di kawasan wisata Pulau Tidung, hanya homestay yang dikelola oleh masyarakat setempat. Tarifnya berbeda-beda tergantung dari highseason serta lowseason. Untuk musim liburan tarif homestay berkisar antara 400 – 500 ribu rupiah per malam, sementara di masa-masa lowseason adalah sekitar 200 – 300 ribu rupiah per malam. Untuk kapasitas kamar cukup beragam, mulai dari 2 atau 3 penghuni hingga 8 penghuni.

 

Jembatan Cinta

Salah satu icon wisata di Pulau Tidung adalah Jembatan Cinta, sebuah jembatan legendaris yang menjadi penghubung antara Pulau Tidung Besar dan Kecil. Pada  jembatan ini ada sebuah bagian yang berbentuk setengah lingkaran dan bercat warna merah yang  mungkin menjadi asal-usul mengapa jembatan ini diberi nama Jembatan Cinta. Bagian yang melengkung tersebut adalah lokasi berfoto favorit bagi para calon pengantin dalam sesi prewedding foto. Selain itu ada pula lokasi yang khusus diperuntukkan bagi wisatawan yang ingin menguji adrenalin dengan melompat langsung pada ketinggian sekitar 6 meter. Jembatan Cinta juga cocok sebagai tempat untuk berjoging, bila lelah tersedia gazebo untuk beristirahat di tempat tersebut.

Di sekitar Jembatan Cinta para wisatawan juga dapat mencoba beragam wahana permainan pantai seperti jetski, kano, sofa boat, banana boat, dan lain-lain. Bila sudah penat bermain air seharian Anda bisa beristirahat sambil mengisi perut di beberapa café, rumah makan, serta warung tenda di sekitar jembatan. Bagi wisatawan yang ingin membeli oleh-oleh bagi kerabat atau teman yang tak dapat ikut serta pada petualangan Anda kali ini tersedia toko oleh-oleh yang dapat Anda singgahi. Produk oleh-oleh khas Pulau Tidung adalah kerupuk ikan, keripik sukun, barang kerajinan dari kerang, serta kaos oleh-oleh dengan logo atau tulisan-tulisan yang berkaitan dengan obyek wisata.

 

Wisata kuliner

Di Pulau Tidung para wisatawan penggemar makanan laut dapat menyalurkan hobby makannya dengan sepuas-puasnya. Di sini Anda bisa menikmati ikan bakar, cumi, udang, serta hasil tangkapan laut lainnya yang diolah dengan bumbu-bumbu tradisional. Paket-paket liburan dari tour organizer umumnya juga memasukkan aktivitas pesta barbeque bila cuaca cerah. Jangan lupa mencicipi kuliner khas pulau yaitu keripik sukun yang gurih dan otak-otak ikan yang dibungkus daun pisang. Untuk melepas dahaga karena matahari bersinar terik segelas air kelapa muda cocok sekali untuk dinikmati di tepi pantai.

 

Pemandangan bawah laut Pulau Tidung

Daya tarik wisata di Pulau Tidung ini tak hanya panorama pantai serta Jembatan Cinta tetapi juga pemandangan bawah lautnya yang luar biasa. Anda bisa menyewa peralatan snorkeling dengan tarif 35 ribu hingga 50 ribu rupiah, sementara untuk peralatan diving sewanya sekitar 300 ribu. Ada tarif khusus bagi Anda yang ingin didampingi seorang pemandu. Bagi wisatawan yang berlibur ke Pulau Tidung dengan mengambil paket wisata dari jasa tour organizer umumnya aktivitas snorkeling sudah termasuk fasilitas dalam paket yang ditawarkan. Keindahan pemandangan bawah laut perairan Kepulauan Seribu tak kalah dengan tempat-tempat wisata snorkeling lainnya. Di sini Anda bisa menyaksikan dari dekat beragam terumbu karang warna-warni serta bercengkrama dengan ikan dan biota laut di sekitarnya. Jangan lupa abadikan momen tersebut dengan foto bawah air dan unggahlah ke akun media social pribadi Anda.

 

Pulau Tidung Resort

Pulau Tidung tak sama dengan Pulau Putri, Pulau Sepa, Pulau Bidadari, atau Pulau Ayer yang merupakan  pulau resort. Pulau Tidung bukan murni obyek wisata tetapi sekaligus juga merupakan hunian masyarakat. Meskipun demikian bagi wisatawan yang ingin berlibur dengan nyaman, tersedia penginapan dengan fasilitas resort di dekat laut yang dikelola oleh penyedia jasa travel. Tetapi tentu saja Anda tak bisa menemukan fasilitas room service, bar, house keeping, café resort, dan sebagainya. Dibandingkan homestay yang merupakan rumah-rumah penduduk tentu saja tarif menyewa di hotel tersebut lebih mahal.

 

Paket-paket wisata Pulau Tidung

Di berbagai forum wisata Anda akan menemukan banyak paket liburan ke Pulau Tidung, yaitu, paket one day tour, paket 2 hari 1 malam untuk 3 orang, paket berdua ke Pulau Tidung, paket hemat saat promo, paket rombongan (study tour, outting, outbond, dan lain-lain, serta paket bulan madu. Anda bisa memilih paket-paket tersebut sesuai keinginan atau ketersediaan dana.

 

Semoga bisa menjadi referensi yang bermanfaat bagi Anda.

 

Comments are closed.