Kelebihan Pulau Harapan dibanding dengan Pulau Lain di Kepulauan Seribu

Keunikan Mitos-mitos Pulau Seribu Sebagai Daya Tarik Bagi Wisatawan
September 3, 2017
Pulau Sepa, Pulau Tersembunyi yang Elok
September 8, 2017

Kelebihan Pulau Harapan dibanding dengan Pulau Lain di Kepulauan Seribu

Bagi anda yang tinggal di daerah Ibukota Jakarta dan sekitarnya, mungkin anda sering berfikir bahawa kota Jakarta semakin lama semakin padat dan ramai. Hal ini karena setiap tahunnya, banyak masyarakat dari daerah lain dari seluruh wilayah Indonesia yang pergi mengadu nasib ke kota Jakarta untuk mencari pekerjaan. Selain itu kota ini juga semakin dibanjiri dengan kendaraan-kendaraan atau pabrik yang kemudian bisa menimbulkan banyak polusi di kota tersebut. Karena itulah wajar saja jika banyak yang mengeluhkan betapa panas, berpolusi, dan padatnya kota tersebut.

Dengan seakin padatnya kota Jakarta, semakin banyaknya polusi yang ada, serta semakin dituntutnya anda untuk bersaing dalam dunia kerja, tentunya bisa membuat anda semakin stress setiap hari. Itulah sebabnya anda perlu liburan dan menyegarkan pikiran anda. Mungkin anda perlu pergi berwisata ke tempat yang indah, asri, alami, dan belum banyak terkena polusi untuk sekedar menjernihkan pikiran dan menghilangkan lelah serta stress anda. Dan mungkin kebanyakan orang lebih sering memilih tempat berwisata di daerah Bogor atau Bandung yang memang terkenal sebagai kota yang masih cukup asri dan memiliki banyak objek wisata alam yang menyejukkan.

Padahal sebenarnya anda tidak perlu repot-repot pergi ke kota lain untuk berwisata. Karena di Jakarta sendiri sudah lama ada daerah yang memiliki keindahan dan pesona alam yang masih sangat alami dan terjaga. Selain itu tempat tersebut juga masih belum banyak terkena polusi dan pencemaran lingkungan. Jadi sangat disarankan untuk menjadi salah satu tempat tujuan wisata anda dan keluarga.

Tempat yang dimaksud adalah wisata ke Kepulauan Seribu. Wilayah ini memang masih termsuk dalam wilayah Jakarta dan sudah lama menjadi tempat tujuan wisata bagi para wisatawan, baik lokal maupun mancanegara. Kepulauan Seribu sendiri merupakan kumpulan gari gugusan pulau-pulau yang amat banyak. Karena itu dijuluki Kepulauan Seribu atau sering juga disebut dengan Pulau Seribu. Dari gugusan pulau-pulau tersebut, ada beberapa yang kemudian dijadikan sebagai tempat tujuan wisata. Salah satunya yang menjadi favorit adalah Pulau Harapan yang terkenal memiliki pesona dan daya tarik tersendiri yang unik dan menarik untuk dikunjungi.

Kelebihan Pulau Harapan dibanding Pulau Lain

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, Pulau Harapan adalah salah satu tempat tujuan wisata di Kepulauan Seribu yang memiliki pesona dan keunikan yang berbeda dari pulau-pulau lain di Kepulauan Seribu. Bahkan tidak jarang wisatawan yang mengatakan bahwa Pulau Harapan lebih indah dibandingkan dengan Pulau Tidung dan Pulau Pari. Selain itu pulau ini juga merupakan tempat yang sering digunakan untuk  transit bagi wisatawan yang ingin meneruskan megunjungi pulau lain disekitar Pulau Harapan seperti Pulau macan, Pulau Bira, Pulau Papatheo, Pulau Opak, Pulau Melinjo dan masih banyak lagi pulau lainnya.

Pulau Harapan adalah salah satu kelurahan yang terdapat di kecamatan Kepulauan Seribu. Pulau ini juga merupaka salah satu tempat tujuan wisata favorit di kepulauan Seribu bagi para wisatawan. Pulau Harapan ini merupakan pulau yang berpenghuni yang sangat cantik dan menarik sekali untuk dikunjungi sehingga bisa dibilang sangat cocok dengan namanya yang bisa sesuai dengan harapan dan keinginan wisatawan. Karena penduduk di Pulau Harapan termasuk cukup banyak, Pemerintah kota Jakarta telah memberikan sarana dan prasarana sebagai fasilitas pendukung untuk segala kegiatan penduduk yang ada di pulau ini.  Contohnya yaitu puskesmas, kantor polisi, sekolah dasar, dan juga pemakaman umum.

Keindahan dari Pulau Harapan yang tidak dimiliki oleh pulau-pulau lain yang ada di Kepulauan Seribu contohnya seperti di Pulau Harapan terdapat lebih banyak pulau yang bisa dijelajahi. Pulau-pulau tersebut adalah pulau-pulau kecil tak berpenghuni yang ada di sekitar Pulau Harapan. Selanjutnya yaitu terdapat lebih banyak tempat untuk snorkeling dan gelombang lautannya juga sangat tenang, sehingga bisa untuk melihat keindahan lautan pulau tersebut dengan lebih puas. Kemudian laut dan pantai di pulau-pulau sekitarnya juga lebih cantik, lebih bersih, dan menyuguhkan lebih banyak gradasi-gradasi warna yang lebih eksotis.

Selain itu salah satu daya tarik lagi yang dimiliki Pulau Harapan dan berbeda dari pulau-pulau lain yang ada di kepulauan Seribu yaitu karena ada Pulau Gosong yang ada di dekatnya. Pulau Gosong ini sangat memikat dan menjadi faktor pembeda yang semakin melengkapi keindahan dari Pulau Harapan sendiri. Dengan keindahan dan pesonanya yang unik tersebut di atas, Pulau Harapan sering dijadikan sebagai tempat tujuan wisata bagi mereka yang ingin lebih mendapatkan ketenangan dan rasa santai yang lebih.

Akses Menuju Pulau Harapan

Pulau Harapan memang sangat cantik dan punya daya tarik tersendiri di mata para wisatawan yang perna datang berkunjung ke pulau ini. Meskipun begitu, pulau ini belum begitu populer dikalangan masyarakat luar daerah Jakarta dan sekitarnya.  Salah satu alasannya mungkin karena jaraknya yang cukup jauh dari Jakarta. Sama dengan akses menuju pulau-pulau lain yang ada di Kepulauan Seribu, jika anda ingin berwisata di Pulau Harapan, anda bisa datang ke Pelabuhan Muara Angke.

Pulau Harapan jaraknya cukup jauh dari Kota Jakarta yaitu  hingga membutuhkan waktu tempuh sekitar 3-3,5 jam dari Pelabuhan Muara Angke menggunakan  kapal fery tradisional dengan harga sewa sekitar 50-55 ribu  per orang. Kapal very tersebut biasanya berangkat dari pelabuhan pukul 8 pagi. Atau bagi anda yang ingin cepat sampai di Pulau Harapan dengan waktu tempuh hanya sekitar 1 jam saja, anda bisa pergi ke Pelabuhan Marin Ancol dengan menyewa speedboat dan membayar tarif sebesar 300 ribu per orang. Tetapi tentu saja kenyamanan yang anda dapatkan sebanding dengan harga yang ditawarkan yaitu. Meskipun begitu bagi anda yang berkantong tebal, harga sewa tersebut tidak akan menjadi masalah.

Untuk jadwal keberangkatan kapal fery yang ada di Muara Angke, sebaiknya anda tidak terlambat datang ke sana. Karena kapal tersebut hanya beroperasi satu sampai dua kali sehari. Jadi jika anda terlambat datang dan ketinggalan kapal, maka anda harus menunggu besoknya untuk bisa menaiki kapal tersebut. selian itu jika weekend tiba, penumpang kapal bisa sangat banyak. Karena itu anda harus berebut tempat duduk dengan penumpang lain.

Tergantung dengan keadaan cuaca, keadaan kapal, dan juga keadaaan gelombang lautan, waktu tempuh kapal very bisa semakin lama. Jadi anda sebaiknya mempersiapkan bekal makanan dan minuman yang bisa dimakan saat ada di kapal. Kemudian anda juga bisa membawa alas tidur dan bantal tipis bila perlu. Tidur selama perjalanan juga bisa membantu anda melewati waktu tempuh ke Pulau Harapan menajdi tidak begitu terasa panjang. Bila anda termasuk orang yang tidak begitu kuat dengan goyangan kapal saat ada gelombang di lautan, ada kemungkinan anda bisa  terkena mabuk laut. Karena itu sebelum berangkat, selain menyiapkan makanan dan minuman, anda sebaiknya juga menyediakan obat anti mabuk selama  diperjalanan dan juga untuk jaga-jaga anda bisa juga meminumnya sebelum berangkat.

Comments are closed.