Pulau Sepa, Pulau Tersembunyi yang Elok

Kelebihan Pulau Harapan dibanding dengan Pulau Lain di Kepulauan Seribu
September 5, 2017
Keindahan Pulau Ayer, Pulau Virgin yang Eksklusif
September 12, 2017

Pulau Sepa, Pulau Tersembunyi yang Elok

Siapa yang tidak penat dengan segala rutinitas yang ada sehari-hari? Bekerja, belajar, berjalan kaki, menembus keramaian dan kemacetan, bekerja siang dan malam. Tentu saja, kita membutuhkan sesuatu yang lain dari yang lain. Saat liburan, terkadang kita ingin jauh dari keramaian, seperti mall, tempat perbelanjaan, atau bioskop. Namun, kalau ingin berlibur ke alam, kita tak punya banyak waktu. Tenang, apakah hal itu berlaku saat kita ingin pergi liburan ke Pulau Sepa? Nampaknya tidak.

Tentang Pulau Sepa

Mungkin bagi beberapa orang, Pulau Sepa merupakan nama yang asing. Pulau ini sebenarnya terletak di dekat Jakarta, tepatnya salah satu pulau yang ada di Kepulauan Seribu. Jika kita berangkat dari Marina, Ancol, kita bisa menempuh perjalanan ke Pulau Sepa ini sekitar 1,5 sampai 2 jam melalui laut tentu saja. Sayangnya, karena satu-satunya pilihan yang disediakan oleh pihak pengelola, yakni PT Pulau Sepa Permai, kita tidak bisa menginap di homestay karena tidak bisa dari Muara Angke. Beberapa orang disuguhi berbagai macam pilihan paket menginap di pulau ini.

Harga Paket Menginap di Pulau Sepa

Bagi beberapa orang, mungkin paket menginap di Pulau Sepa terhitung mahal. Bagaimana tidak, harga paket menginap di sana yang paling murah adalah Rp. 1.350.000,00 untuk per orangnya. Harga tersebut sudah termasuk kamar dengan tipe paling murah yakni Gurita. Transportasi pulang pergi dengan speedboat dari Marina, coffee break 1 kali, makan 4 kali, dan juga main di pantai sampai puas. Namun harga tersebut belum termasuk harga sewa alat snorkeling dan juga alat olahraga air yang lainnya.

Dan terkadang hanya ada 2 pilihan paket yang bisa dipilih oleh para wisatawan di Pulau Sepa. Paket yang pertama adalah Paket Full Board atau paket A dan Paket Tanpa Kapal atau Own Boat. Paket-paket tersebut merupakan paket per orangnya dan sudah termasuk beberapa fasilitas seperti transportasi PP dari Marinal Ancol ke pulau Sepa dan kembali lagi ke Marina Ancol, coffee break sebanyak 1 kali saja, makan 4 kali. Namun seperti yang sudah dijelaskan di atas bahwa harga itu belum termasuk peralatan olahraga air. Jadi untuk kita yang tidak mau menyewa peralatan olahraga air di sana karena mungkin takut terlalu mahal, kita bisa membawa sendiri. kalau tidak mau repot, bisa menyewa di beberapa counter dive shop yang ada di pulau tersebut.

Harga paket Pulau Sepa besarannya memang tergantung pada tipe cottage yang kita pilih. Ada cottage yang bisa dipilih dari cottage Gurita yang paling murah sampai cottage Penyu yang paling mahal. Cottage-cottage tersebut sangat indah karena terletak di tepi pantai dan langsung berhadapan ke laut lepas. Cottage juga sudah dilengkapi dengan fasilitas yang lengkap dan mumpuni seperti AC, kamar mandi dan juga TV. Bagi kita yang membawa anak-anak, anak akan dikenai harga seperti orang dewasa saat usiannya 2 tahun sampai 10 tahun.

Tipe kamar yang ada di Pulau Sepa sebenarnya ada 4 yakni cottage Gurita, Flipper, Penyu, dan Kakap. Jika kita mau yang paling murah bisa memilih cottage tipe Gurita yang mana ada 2 buah tempat tidur putih dengan bantal dan selimut. Selain tipe cottage Gurita, ketiga tipe kamar yang lainnya sebenarnya terdiri dari rumah panggung. Ada beberapa yang berdiri sendirian, ada juga yang bersebelahan.

Perjalanan ke Pulau Sepa

Perjalanan ke Pulau Sepa tidak lama, hanya 1.5 sampai 2 jam saja. Misalnya saja speedboat berangkat dari Dermaga 19 Marina pada pukul 08.00 pagi. Nah, hal yang perlu kita perhatikan adalah tentang kesehatan tubuh kita. Jangan sampai lupa minum obat anti mabuk karena kalau perjalanan lama kita tak tahan dengan laut, bisa saja mabuk. Salah-salah tidak minum obat mabuk, malahan kita mabuk di kapal dan tidak bisa bersenang-senang di sana. Hal ini dikarenakan saat perjalanan kita akan merasakan dentuman ombak di lambung dan speedboat berjalan cukup kencang dan cepat. Jadi lumayan terasa.

Sesampainya kita di Pulau Sepa, kita akan disambut dengan pantai pasir putih yang sangat indah. Pasir putihnya juga amat sangat lembut. Untuk kita yang sudah menyewa EO saat berlibur ke sana, memang ketika turun dari kapal kita langsung disambut oleh guide. Namun bagi kita yang tidak melalui perantara EO maka kita langsung saja berlari ke mana kita mau. Kita bisa langsung menemui front office yang ada di sana.

Aktifikas Watersport di Pulau Sepa

Ada beberapa aktifitas watersport atau olahraga air yang ada di sana. Dan bisa dibiliang cukup banyak. Antara lain yang bisa kita nikmati adalah diving, jetski, snorkeling, canoe, doughnut boat, banana boat, dan juga tak kalah seru memancing. Namun tentu saja, kalau kita mau melakukan aktifitas tersebut, ada tambahan biaya tertentu. Kita bisa saja gratisan, dengan membawa alat snorkeling sendiri dan snorkeling di sepanjang house-reef. Biasanya, akan ada beberapa nelayan yang menawarkan kita sewa perahunya dengan harga sewa yang cukup mahal yakni Rp. 175.000,00 per jam dan itu untuk per orangnya. Namun beberapa orang menganggap harga sewa perahu di Pulau Sepa ini sangat mahal. Bahkan mereka bisa membandingkan kalau mereka menyewa perahu di Pulau Pramuka atau di Pulau Harapan, harga sewa 3 orang di Pulau Sepa ini bisa untuk 10 orang di Pulau Pramuka atau Harapan.

Sensasi Snorkeling di Pulau Sepa

Bagi kalian yang memiliki budget terbatas dan ingin menikmati indahnya Pulau Sepa tanpa membayar sangat mahal, kalian bisa snorkeling di sekitaran pulau ini saja. Sudah cakep, kata beberapa orang backpacker yang pergi ke sana dengan budget terbatas. Hal ini dikarenakan pulau ini sudah sangat sering digunakan untuk latihan diving sehingga ada berbagai macam reefs yang sangat cakep di kedalaman yang masih bagus untuk kegiatan snorkeling.

Ada 2 spot yang patut dicoba untuk snorkeling. Yang pertama adalah spot yang ada di bawah dermaga yang paling kiri. Mengapa di sana sangat rekomended? Karena di sana airnya sangat tenang dan hampir tidak ada arusnya. Dan begitu kita menyebur dari atas dermaga, kita akan langsung disambut oleh cliff atau tebing pantai yang ditumbuhi oleh berbagai macam coral. Banyak juga ikan warna warni di sana. Namun kita harus berhati-hati karena di air yang tenang kemungkinan adanya ubur-ubur kecil sangat besar.

Nah, itu dia beberapa ulasan tentang Pulau Sepa yang mungki berguna bagi Anda. Dengan begini, semakin siap, bukan, untuk berlibur ke pulau yang tidak jauh dari Jakarta ini? kita bisa ke sana hanya 2 hari namun sensasi dan pengalaman serta memorinya tak terlupakan!

Comments are closed.